Ingin Membuka Usaha Bengkel Las ? Pahami Dulu 6 Manajemen Perbengkelan Ini

Ingin Membuka Usaha Bengkel Las ? Pahami Dulu 6 Manajemen Perbengkelan Ini

Trikpos.com - Cara memulai membuka usaha bengkel las. Kepadatan penduduk Indonesia saat ini yang semakin meningkat tentunya memungkinkan pengembang sarana pemukiman juga meningkat secara signifikan. Dengan meningkatnya pemukiman-pemukiman baru yang sedang dibangun ataupun pemukiman lama yang direnovasi, maka peluang usaha bengkel las merupakan salah satu peluang usaha yang tidak bisa dianggap enteng.


Karena berbagai kebutuhan dalam pembangunan suatu pemukiman tentunya membutuhkan beberapa produk yang membutuhkan jasa bengkel las seperti misalnya pembuatan tralis, rolling door, canopy, pagar besi tralis maupun tangga besi dan lain sebagainya.

Jika anda berniat memulai usaha bengkel las ini maka sebaiknya anda mengetahui trik dan cara persiapanya dengan detil mulai dari Cara penempatan lokasi membuka bengkel las yang setrategis, peralatan mesin las yang harus di sediakan, alat bantu perlengkapan mesin las sampai teknis pengelasan yang baik, agar usaha bengkel las yang anda kelola mampun bersaing dan berkembang sesuai harapan.
Berikut ini adalah awal persiapan yang bisa anda lakukan jika anda ingin menjalani usaha bengkel las :

Cara memulai membuka usaha bengkel las


1- Modal
Setiap usaha pastilah memerlukan modal untuk operasional usaha tersebut. Modal dalam usaha bengkel las meliputi beberapa hal seperti peralatan las, trafo, gerinda, cutter, fasilitas listrik yang memadai dan sebagainya, modal skill dan kompetensi yang kaitannya dengan skill dalam mengelas besi yang tepat dan terampil, agar hasil produk las di bengkel anda bagus dan berkualias sesuai dengan kenginan konsumen. Jika konsumen puas dengan hasil kerja bengkel las anda maka tidak menutup kemunkinan konsumen akan kembali menggunakan jasa bengkel las anda, atau bahkan merekomendasikan bengkel las anda kepada orang lain sehingga secara tidak langsung anda membuat jaringan marketing melalui konsumen anda.

2- Lokasi
Ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi untuk membuka bengkel las listrik yaitu Lokasi. Setelah anda siap dengan modal yang cukup kedua adalah lokasi. Lokasi yang diperlukan buat bengkel kerja tak terlalu luas. Ada yang melakukan usaha ini hanya memakan lokasi 3x3 meter persegi. Tapi, carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan raya. Hal ini bertujuan mempermudah orang mencari posisi bengkel las anda.




3- Manajemen
Pengelolaan dan pengaturan keuangan dalam setiap usaha sangatlah penting. Dengan manajemen keuangan yang rapi dan bagus serta kejelian dalam memasok bahan dan sarana las maka usaha bengkel las anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal.

4- Karyawan yang Profesional
Persyaratan penting berikutnya adalah karyawan yang profesional. Selain anda pakar dan sudah ahli dalam pengerjaan las anda juga perlu tenaga mekanis las yang sudah berpengalaman. Hal ini untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Karena usaha ini bila dilakukan secara sembrono dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian. Misalnya ketika melakukan las beton rangka ataupun kanopi rumah dilakukan dengan sembarangan tanpa kehati-hatian. Dampak yang terjadi, rangka atau kanopi kemungkinan bisa ambruk sehingga menimbulkan kerugian.

5- peralatan
Las Mesin listrik atau sering disebut pesawat mesin las dapat digunakan pada bermacam-macam pengelasan busur listrik manual, alat yang satu ini adalah alat pokok dalam pengerjaan las

6- Marketing
Strategi marketing dan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan usaha bengkel las anda kepada masyarakat luas. Usahakan untuk mempromosikan usaha bengkel las anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk menggunakan jasa bengkel las anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha bengkel las anda yang istimewa, selain itu anda juga bisa memasang iklan di media cetak maupun radio sebagai sarana promosi anda.

Selain itu juga cara marketing lain yang bisa anda lakukan adalah terjun langsung ke lapangan yaitu menawarkan jasa bengkel las anda kepada konsumen yang sedang membangun rumah atau sedang melakukan renovasi rumah. Anda juga bisa meloby kontraktor yang ada di kota anda untuk diajak bekerjasama sehingga mau menggunakan jasa usaha bengkel anda secara kontinyu, dengan begitu diharapkan usaha bengkel anda akan mendapatkan order secara terus menerus. Itulah beberapa cara mengembangkan peluang usaha bengkel las yang bisa anda coba, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Demikian penjelasan kami mengenai artikel Cara memulai membuka bengkel las Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

5 komentar :

  1. Menurutku harus juga punya ilmunya mang,, jadi si bos juga harus paham soal las menglas, tidak hanya andlakan anak buahya..

    BalasHapus
  2. Kayanya artikel ini cucok dibaca sm teknik mesin ya kang pasti ngerti hehehe

    BalasHapus