Mesin Tanam Padi Modern Yanmar AP4 Murah dan Ekonomis

Mesin Tanam Padi Modern Yanmar AP4 Murah dan Ekonomis

Trikpos.com - Seiring maju dan berkembang pesatnya teknologi saat ini, berbagai penelitianpun juga dilakukan khususnya di sektor pertanian agar memperoleh hasil tani yang maksimal, produksi dan produktifitas meningkat, dapat meminimalisirkan hama dan penyakit tanaman padi, namun mampu menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Untuk itu, kini terciptalah Mesin penanam padi (Rice Transplanter) Yanmar AP 4. Praktis dan mudah dalam pengoperasian dan efisiensi kinerja luar biasa. Mesin AP 4 dapat meningkatkan produktivitas penanaman yang mengacu kepada pertanian modern dan professional, AP 4 merupakan alat tanam padi tipe dorong 4 jalur yang dapat mempercepat proses penanaman padi di lahan sawah dengan lebih rapi. Kebutuhan tenaga kerja tanam saat sangat sulit sehingga biaya tanam menjadi lebih besar.


Para petani perlu mempertimbangkan efisiensi dan penghematan biaya pertanian untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang lebih besar. Mesin tanam Yanmar AP 4 menjadi solusinya, dengan kapasitas kerja 5,32 Jam/ha (0,18h ha/Jam) sehingga dapat mengurangi biaya tanam yang dikeluarkan. Biaya tenaga kerja secara signifikan berkurang karena hanya satu orang operator yang diperlukan.

Alat tanam padi AP 4 dipakai untuk melakukan penanaman padi di sawah dan tidak untuk dipakai dilahan kering. Kelebihan alat tanam AP 4:

Alat mampu menanam diberbagai kondisi baik dilahan sawah dalam maupun petakan sawah yang sempit.
Alat mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya, sehingga penggunaan alat dapat semaksimal mungkin.

Jadi, tidak perlu lagi tenaga manusia. Cukup bibit- bibit tersebut diletakkan di tungku atas pada mesin yang sudah tersedia, lalu dijalankan ke lahan yang sudah disiapkan di kiri dan kanan untuk menanam padi, mesin ini sangat hemat biaya. Yakni, hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp 50 ribu sekali operasi dalam satu hari. Hal ini, karena membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar bisa beroperasi. Kita hanya mensosialisasikan bahwa menanam padi tidak perlu lagi menggunakan tenaga orang, cukup dengan menggunakan teknologi mesin. Dan saat ini sudah banyak beredar di wilayah-wilayah centra padi di seluruh Indonesia.




Di beberapa negara sudah ada banyak mesin untuk menanam benih. Menggunakan mesin ini menghasilkan pekerjaan lebih singkat dan ekonomis tenaga dan biaya. Misalnya mesin penanam padi dengan nama Yanmar AP 4. Mesin ini berbentuk ibarat traktor dengan bidang khusus untuk benih padi di sisi belakang. Sembari berjalan, mesin ini akan dengan sendirinya menanam benih padi tersebut. Sebagai operator, mereka cukup menjalankan mesin ini maju ke depan sesuai dengan contoh yang ada dan kecepatan maksimal yang di rekomendasikan.

Baca juga :




Model Yanmar AP 4

Model AP4
TipePengemudi berjalan di belakang, 4 alur, roda 2
Kapasitas Kerja(Jam/ha) 5,32 Jam/ha (0,18h ha/Jam)
Dimensi (P x L x T)(mm)2190 x 1500 x 1020
Berat(Kg)155
Motor
Penggerak
ModelMZ175
Tipe (motor penggerak bensin)4 langkah berpendingin udara, OHV
Volume silinder(cc)171
DayaRata – rata2,6 kW (3,5 hp) / 3000 rpm
Maksimum3,2 kW (4,3 hp) / 3000 rpm
Kap. tangki bahan bakar(ltr)4
TransmisiSistem penyalaanManual (tarik)
Penyetelan rodaPengatur ketinggian dengan hidrolik manual dan otomatis
Jumlah roda(buah)2
Diameter roda(mm)660
Tingkat kecepatanMaju 2, Mundur 1
Kecepatan kerja rata rata(Km/jam)2,37
BagianPenanamanKecepatan jalanMaju(m/det)0,72 ~ 1,53
Mundur(m/det)0,16 ~ 0,35
Jumlah alur4
Jarak atur alur(cm)30
Jarak tanam dalam alur(cm)12, 15, 17, 22
Jumlah titik tanam/3,3 m290, 75, 65, 50
Kontrol kedalaman penanaman 15 ~ 40 mm (6 tingkat)
Harga Rp 79.624.500

Jaminan: 500 jam atau 6 bulan (mana yang lebih dulu)

2 komentar :