Memahami Lebih Jauh Apa itu Penyakit Abses Atau Penimbunan Nanah

Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri. Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi. Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi.

Meskipun juga dapat muncul pada daderah daerah yang berbeda, misalnya jerawat, hal tersebut terjadi karena bakteri dapat menyebar ke seluruh kulit ketika mereka tertusuk. Disisi lain, nanah adalah cairan yang kaya dengan protein dan mengandung sel darah putih yang telah mati. Penyakit abses juga bisa ditafsirkan reaksi alami tubuh akibat adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu infeksi yang menyerang jaringan tertentu, Perlawanan sistem kekebalan tubuh sendiri diwakili oleh sel darah putih.

Baca juga : 1425 Macam Jenis Penyakit Berdasarkan Ilmu Kedokteran

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Abses.?

Secara umum faktor penyebab penyakit abses adalah, sebagai berikut :
  1. Suatu infeksi bakteri bisa menyebabkan abses melalui beberapa cara, bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka yang berasal dari tusukan jarum yang tidak steril.
  2. Bakteri menyebar dari suatu infeksi di bagian tubuh yang lain.
  3. Bakteri yang dalam keadaan normal hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang bisa menyebabkan terbentukknya abses.

faktor penyebab lain, juga dapat meningkatkan resiko seseorang menderita penyakit ini, seperti :
  1. Terdapat kotoran atau benda asing di daerah tempat terjadinya infeksi.
  2. Daerah yang terinfeksi mendapatkan aliran darah yang kurang.
  3. Terdapat gangguan sistem kekebalan.

Perhatian : *Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasehat medis. Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan medis profesional.


1 komentar so far

Apa seperti kuku tumbuh hingga masuk daging jadi ada nanah
Sakitnya bikin suka marah
Tapi Jika segera dipotong atau dibersihkan nyeripun musnah


EmoticonEmoticon