Jangan Asal Asalan Membuat Nama dan Judul Blog

trikpos - Bagaimana sih membuat judul dan domain blog yang baik itu? . Judul blog atau domain blog yang baik dapat memudahkan anda menjaring trafik di Search Engine, berbeda dengan judul ataupun domain blog yang terkesan asal-asalan Oleh karena itu, nama domain yang SEO friendly dapat meningkatkan secara cepat trafik blog anda.




Jika anda seorang pembisnis online ataupun seorang blogger profesional, memiliki sebuah situs dengan judul blog serta domain yang unik adalah sesuatu yang anda inginkan karena akan menjadi identitas anda dan situs anda. Diskusi online pun sudah sering dilakukan di forum-forum tentang pembahasan bagaimana cara membuat judul blog dan membeli domain yang baik untuk sebuah situs. Kendati demikian masih saja banyak para komunitas blogger yang masih kurang mengerti, sebenarnya apa sih dampak dari sebuah judul blog itu?

Fungsi lain dari judul blog adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan pencarian pada sebuat situs, selain dipakai untuk mempermudah pencarian situs yang akan dikunjungi tanpa harus mengenal deretan huruf yang rumit, Selain itu nama atau judul blog ini juga dikenal sebagai kesatuan dari sebuah situs web, seperti contohnya trikpos atau triknwes.

Berikut cara membuat judul atau domain blog yang baik dan seo


1- Buat judul dan alamat domain blog yang singkat
Coba anda lihat situs-situs populer teratas seperti facebook, Youtube ,detik.com, viva , lazada mereka umumnya memakai judul blog tidak lebih dari 10 karakter, Ketika anda memberitahukan ke seseorang nama domain anda secara lisan– misalnya melalui telepon – nama blog yang terlalu panjang dan sulit di mengerti sudah pasti akan susah diingat atau bahkan bisa membuat orang lain justru menjadi bingung, nama blog yang relatif pendek akan membawa dampak positif untuk digunakan dan akan lebih mudah di ingat para pencari dan pembaca blog anda, Jika nama blog anda singkat serta mudah diingat, inilah merupakan langkah awal dimana Anda akan membangun sebuah website yang seo serta brand yang lebih mudah dan cepat. contohnya blog trikpos dan triknews

Baca juga : Tips Cara Memilih Domain Yang Seo Untuk Situs Anda

2- Mudah diketik
Dengan nama yang mudah diketik akan memudahkan para pencari blog anda, nama blog yang panjang dan rumit bisa dipastikan calon pengunjung yang tadinya ingin berkunjung ke blog Anda, eeh malah tersangkut ke blog lain, ini kerugian yang fatal
Hindari tanda hubung (-),seperti nama yang panjang dan menggunakan angka atau penghubung kalimat, contoh: www.67domain.com, www.zona-cewek-cowok.com,
hindari kata yang pengucapannya hampir sama, seperi desainer dan designer,atau Icshan budiyono dan Iksan budiono . Contoh domain tersebut dapat mempengaruhi dan mengurangi kekuatan SEO sebuah situs. Tapi bila memang harus terpaksa menambahkan karakter pada domain, maka sebaiknya anda menggunakan tanda minus (-).

3- Pilih judul blog atau domain yang sesuai dengan nama dan bisnis anda
Bila anda membuat sebuah website untuk tujuan promosi atau menjual produk dan jasa – misalnya menjual produk baju dan pakaian, maka akan lebih baik jika anda memilih nama blog dan nama domain yang berhubungan dengan toko baju. misalnya membuat website untuk promosi atau menjual baju, maka sebaiknya anda memilih nama blog dengan judul "toko baju" dan menggunakan alamat "www.tokobaju.com" dan lain-lain.

Sebaiknya anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memilih nama domain, usahakan agar domain anda mengandung kata kunci bisnis anda, memiliki pencarian yang cukup banyak di search engine, dan persaingan kata kuncinya tidak terlalu sulit. Gunakan bantuan Google Adwords: Keyword Tools Google Keyword Planner untuk membantu anda menemukan keyword yang cocok untuk nama domain anda.
Bila anda membuat website/ blog seputar tips dan trik blogger maka sebaiknya anda menggunakan nama anda atau nama panggilan anda sebagai domain, misalnya trikpos yang menggunakan alamat www.trikpos.com.

4. Gunakan TLD (Top Level Domain)
TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – misalnya parfum original – biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, anda bisa menggunakan bantuan situs ini www.domainsbot.com

5. Jangan menggunakan nama domain yang berbaru s@ra atau p0r..
Nama blog yang berbahu dewas@ akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila judul blog anda mengandung kata-kata yang berbau sar@, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

6. Jangan membuat nama blog atau domain yang sudah menjadi merek dagang
misalnya: www.cocacola.com atau www.samsung.com jangan pernah berpikir untuk memakai nama blog atau membeli domain yang mirip dengan domain tersebut karena kemungkinan besar anda akan dituntut oleh perusahaan pemilik merek dagang tersebut.

7. Buatlah nama blog sama dengan nama email
seperti blog ini misalnya, judul blog ini trikpos , alamat asli blog ini http://trikpos.blogspot.com , nama pengguna twitter trikpos, nama user @trikpos, nama pengguna email trik pos, semua samakan ? Nah inilah yang akan menjadi satu kekuatan seo, jika anda bisa menciptakan nama atau domain blog yang sama seperti trik yang saya pakai ini ,bisa jadi blog anda akan di jadikan anak emasnya google amiiin...

Demikian penjelasan kami mengenai Cara Membuat nama blog atau Domain Yang Seo Untuk Situs AndaSemoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

65 komentar

Setuju saya kang dan yang pasti mudah diingat dan bikin kangen..hahahayyy

Kalau blog saya gimana coba? pasti di jawab jelek...iya kan..hayoo jujur :D

Tapi ada benarnya juga, kalo nama blog atau domain blog yg terlalu panjang dan menggunakan tanda penghubung memang tidak baik di mata pengunjung maupun di search engine.

Untung nama/domain blog saya bagus ga percaya? coba perhatikan sonnyogawa.com bagus kan? haha

Ulasan yang sangat menarik kang,, tapi bener juga seperti yang sudah dibahas diatas,, memang nama domain harus mudah diingat dan unik, kalau terlalu panjang mungkin akan sulit diingat oleh orang lain...

nah ini disebut dengan promosi terselubung,,,,, xexexe :D

itu betul gan, tp sayangnya nama blog saya yg pertama udh trlanjur dibuat. klo diganti pasti fatal akibatnya..haha

blog saya nama dan judulnya tidak sinkron mas.. maklum baru buat blog.. hehee

Saya bisa dibilang masih tahap pembelajaran seo mas Sony...suerr..tapi kalau saya lihat nama blog sampean lumayan singkat kok sama denga akun email google plus lagi....ini bagus mas..

Tuh kan benar apa yang saya bilang...

Mas Sony benar , nama blog, url blog, email admin semua sama , nama yang mudah di ingat di ketik , ini sangat memudah kan para pencari blog kita...syurve telah membuktikan lihat situs situs papan atas

betul mas yang sudah terlanjur biarkan saja ,jika mas Azis bikin lagi blog baru tips di atas bisa di pake ..gratis lhooo

sama saya mbak , saya juga baru lho...baru apaan coba..?

Iya mas...kita semua sama-sama belajar..apalagi saya kalau masalah seo pemula banget.

Iya mas...sejak saya kenal internet/dunia maya saya sudah menggunakan nama itu bahkan semua media sosial yg pernah saya miliki. Dulu pernah ingin menggunakan nama asli tapi kata teman kurang seo friendly.

Mas Ahmad@ haha...bisa aja si mas, padahal nggak ada niat loh buat promosi...haha


Mas Triks@ masa sich? :)

Mungkin yang dibawah saya yg bisa jawab :)

pernah juga ketemu blog dengan nama domain ada nama produk google. seperti tips-seo-blogger-google-plus-drive blogcepot. :D sampe berapa meter ya

kalo ke mas yanto bayar lo ya

betul banget mas, apalagi yg mau dijadiin blog profesional, harus sesuai kebutuhan pasar.
klo punyaku nggak sesuai ktentuan diatas :)

Saya cuma nyengir saja nih maklum domainnya asal asalan,,,,pantas kalah sama yang lain

blog saya sakacamprung, mudah diinget, asal-asalan enggak yah, he..he..

iya termasuk saya juga lagi belajar ini kang :)

ini yang perlu kita perhatikan sebenarnya membuat nama blog dan seabaiknya ulr blog juga harus sama dengan nama blog ya mas, agar kekuatan seonya juga kuat :)

kebetulan aku rencana mau bikin blog baru dengan subdomain dari domain TLD, tapi dari atas sampai bawah kok gak ada yg meninggung tentang subdomain ya?

la wong admin nya kemana nih :)

cari adminya mau di kasih apa?

oh yah kang,, kalau semisal kita udah ganti domain,, apa link - link yang masih ke blogspot perlu diganti ??? kalau postingan banyak itu kan pasti repot.. apa dibiarin aja yah ?? soalnya udah redirect ke domain baru... gitu kan ??

betul nanti akan di redirect ke domain baru secara otomatis

Nah ini dia nie mas yang telat saya taunya, waktu awal bikin blog sama sekali gak kepikiran tentang nama sebuah blog, jadi asal bikin aja dan semenjak tau ternyata untuk membuat nama atau judul blog juga gak sembarangan yah

saya kangen banget sama yang dirumah nie :D

begitu juga dengan saya :)

saya dong kuat dan tahan lama :D

Bagus vokalisnya band netral itu kan :D

pantesan blog saya nggak disayang google soalnya namanya nggak seo nih mas

harusnya referensi ini saya baca sebelum memiliki blog nih mas

saya mah gak disayang google juga gak apa-apa yang penting disayang istri, itu udah lebih dari cukup hehehee...

kemana nih adminnya, lama ga update sama seperti saya mah :(

bentul kalo ga salah :)

ini pasti marnes kan, ngaku aja deh nyamar deh lu ya :)

kalo saya gimana cobak ?

Poin terakhir itu yang saya lupa membuatnya mas, sebenarnya itu amat sangat efektif sekali :D

lumayan gelisah mas. karena sepertinya blog saya ada di kata jangan mas

aku baru datang, jalan-jalan nih mas... :)

judul yang pendek memang mudah diingat. dan pengunjung mungkin bisa langsung ke situs nya tanpa perlu search di google lagi.

perubahan total nama fb twitter g+ menjadi judul blog bisa ngaruh ke seo juga ya. baru tahu aku mas

makanya cepetan balik ke tegal taukk

Saya juga membuat nama Blog sama dengan nama email mas :) Bener mas membuat nama judul itu tidak boelh asal-asalan karena judul itu mencakup semua isi yang ada di dalamnya :) judul itu jangan hanya di buat menarik tapi juga di buat saling terkait dengan pembahasan yang ada di dalamnya :) terimakasih mas trik sudah memberikan penjelasan tentang sebuah judul :)

Ini artikelnya tentang jangan asal asalan membuat nama dan judul blog... cocok banget buat saya... hehe :D
Tapi itu adalah di blog yang TLD...
Namun untuk blog yang gratisan... terpaksa membuat terobosan yang baru... hehe :D

Nama blog saya sudah seo apa belum ya. soalnya kepanjangan namanya. Tapi saya suka :D
nama mengandung arti yang berbeda beda. tergantung selera penulis ya

kebetulan saya juga mau buat judul domain utk blog saya, saya pakai domainesia

Ini yang kudu bener-bener dimatangkan sebelum pilih nama domain, apalagi kan TLD itu baayar buat setaun :)

artikel lama loh ini mas? hehehe

Memberi nama emang sulit sih menurutku. Ibarat doa juga. :D Untung namaku belum ada yang pake. :'D

kebetulan aku juga memakain nama domain yang sama dengan nama emailku, hehehe

Jadi kepikiran dengan blog saya nih, tapi sebenarnya saya tidak memahami tentang seo, saya asyik aja meski kemungkinan tak di lirik banyak orang atau mungkin google memandang sinis blog jejak maya ku hehe
boro-boro ada yang kangen ah sudahlah tak mengapa

wah nice post, kira-kira kalau Karakabu muda atau sulit mas. Kalau saya beli domain yang tidak mengandung kata kunci, kira-kira trafik blog saya nanti seperti apa mas, mohon pencerahannya...

Judul blog itu tidak perlu pake kata kunci Mas, kata kunci di gunakan saat membuat artikel.

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon