Obyek Wisata Kabupaten Bantaeng

trikpos - Kabupaten Bantaeng adalah sebuah kabupaten di propinsi Sulawesi selatan Indonesia . Kabupaten Bantaeng ini memiliki luas wilayah 395,83 km² dan populasi ±150.000 jiwa. Berdasarkan Lahan Sawah yang mencapai 7.253 Ha (18,32%) dan Lahan Kering mencapai 32.330 Ha.

Secara administrasi Kabupaten Bantaeng terdiri atas 8 kecamatan yang terbagi atas 21 kelurahan dan 46 desa. Jumlah penduduk mencapai 170.057 jiwa.[2] Kabupaten Bantaeng terletak di daerah pantai yang memanjang pada bagian barat dan timur sepanjang 21,5 kilometer yang cukup potensial untuk perkembangan perikanan dan rumput laut.

Industri dan pariwisata

Sektor industri menjadi pilihan kedua untuk dikembangkan di Kabupaten Bantaeng yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pengembangan sektor industri sangat berpeluang dimasa mendatang, namun membutuhkan investor yang sangat kuat. Dengan perkembangan sektor industri, dampaknya sangat positif, sebab disamping meningkatkan pendapatan masyarakat juga menyerap banyak tenaga kerja. Industri-industri yang berkembang antara lain adalah industri pembersih biji kemiri, pembuatan gula merah, pertenunan godongan, pembuatan perabot rumah tangga dari kayu, anyaman bambu atau daun lontar dan lain-lain.

 Obyek Wisata Yang Ada di Kabupaten Bantaeng

 Obyek Wisata Yang Ada di Kabupaten Bantaeng




Kunjungi juga :
Pantai Tanjung Bira Bulu Kumba
Pantai Tanjung Bunga Akkarena Makassar
Wisata Pantai Losari Makassar

Sektor lain yang perlu diperhitungkan adalah sektor pariwisata. Kabupaten Bantaeng memiliki peninggalan sejarah yang tercatat dalam buku-buku sejarah. Peninggalan-peninggalan sejarah tersebut sangat menarik untuk dikunjungi. Tak heran memang jika pemerintah kabupaten setempat sangat menaruh perhatian terhadap pariwisata. Terbukti direnovasinya berbagai objek wisata alam menjadi tempat menarik, sepeti permandian alam Bissappu. Juga dipeliharanya peningalan-peninggalan sejarah seperti Balla Tujua yang merupakan kebanggaan masyarakat setempat.

Kabupaten Bantaeng terus berpacu dengan daerah lainnya dengan mengembangkan penataan kota melaui pembuatan taman, drainase, lampu jalan dan beberapa obyek pariwisata seperti Wisata Mata Air Eremerasa , Air Terjun Bissappu, Agrowisata Loka, Pantai Seruni, Pantai Marina, Pasar Lambocca

Kondisi geografis dan kependudukan

Secara geografis Kabupaten Bantaeng terletak pada titik 5o21'23"-5o35'26" lintang selatan dan 119o51'42"-120o5'26" bujur timur. Berjarak 125 Km kearah selatan dari Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Luas wilayahnya mencapai 395,83 Km2 dengan jumlah penduduk 170.057 jiwa (2006) dengan rincian Laki-laki sebanyak 82.605 jiwa dan perempuan 87.452 jiwa. Terbagi atas 8 kecamatan serta 46 desa dan 21 kelurahan. Pada bagian utara daerah ini terdapat dataran tinggi yang meliputi pegunungan Lompobattang. Sedangkan di bagian selatan membujur dari barat ke timur terdapat dataran rendah yang meliputi pesisir pantai dan persawahan.

 Obyek Wisata Yang Ada di Kabupaten Bantaeng


 Obyek Wisata Yang Ada di Kabupaten Bantaeng


Kabupaten Bantaeng yang luasnya mencapai 0,63% dari luas Sulawesi Selatan, masih memiliki potensi alam untuk dikembangkan lebih lanjut. Lahan yang dimilikinya ± 39.583 Ha. Di Kabupaten Bantaeng mempunyai hutan produksi terbatas 1.262 Ha dan hutan lindung 2.773 Ha. Secara keseluruhan luas kawasan hutan menurut fungsinya di kabupaten Bantaeng sebesar 6.222 Ha (2006).

Karena sebagian besar penduduknya petani, maka wajar bila Bantaeng sangat mengandalkan sektor pertanian. Masuk dalam pengembangan Karaeng Lompo, sebab memang jenis tanaman sayur-sayurannya sudah berkembang pesat selama ini. Kentang adalah salah satu tanaman holtikultura yang paling menonjol. Data terakhir menunjukkan bahwa produksi kentang mencapai 4.847 ton (2006). Selain kentang, holtikultura lainnya adalah kool 1.642 ton, wortel 325 ton dan buah-buahan seperti pisang dan mangga. Perkembangan produksi perkebunan, khususnya komoditi utama mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Demikian penjelasan kami mengenai Obyek Wisata Yang Ada di Kabupaten Bantaeng Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda

16 komentar

Tempatnya bersih ya mas, nampaknya tak ada sampah sedikit pun

Gitu doang komentarnya..?
(c) (c) (c) (c) (c) (c)

Sekarang warga makassar atau warga manapun sudah semakin sadar akan kebersihan lingkungan hidup mas...
(o) (o) (o) (o) (o) (o)





suatu kebanggan bagi kabupaten bantaeng dengan pesona wisatanya yang begitu indah :)

pantai seruni itu kelihatan enjoy suasananya kang, ayo kang diajakin kami kami dunks :) adem banget pokonya :)

sempat salah sebut, kirain kabupaten Banteng, heehehe

Lihat pantai jadi pengin kesana cuma jauh banget...indah juga pantaanya mas

namanya bagus ya panati seruni.
emang sih sudah saatnya kekayaan alam di jadikan pariwisata dunia. indonesia memang surganya.

Saya tmabah komentarnya ya mas,.?
lingkugannya indah, rindang dan asri

kalo emang ke sana saya mau loh ikut mas

Pantai seruni...Emang tempatnya berada dekat kota ya mas...? tempatnya bersih dan rapi..

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon