Wisata Taman Nasional Bantimurung

trikpos - Wisata Taman Nasional Bantimurung Kabuten Maros Terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Secara administrasi pemerintahan, kawasan taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).[1] Secara geografis areal ini terletak antara 119° 34’ 17” – 119° 55’ 13” Bujur Timur dan antara 4° 42’ 49” – 5° 06’ 42” Lintang Selatan. Secara kewilayahan, batas-batas TN Babul adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

Air terjun di kawasan ini mengalir di antara tebing-tebing karst. Karst adalah sebuah bentuk formasi pegunungan yang diakibatkan dengan adanya kumpulan bebatuan kapur. Kawasan karst Bantimurung Bulu Saraung ini, merupakan kawasan karst terluas kedua di dunia. Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan Di kawasan tersebut ada karst yang berdiri sendiri dan adapula yang berjejer dengan membentuk kelompok-kelompok pegunungan. Namun, yang paling menakjubkan adalah salah satu karst yang menjulang ke atas menyerupai sebuah tower sehingga ia dikenal dengan tower karst. Semuanya merupakan pahatan-pahatan alam yang sungguh luar biasa. Nah, daria atas karst itulah mengalir air terjun setinggi sekitar 20 meter dengan lebar 15 meter. Airnya yang jernih dan sejuk terus meluncur dengan derasnya sepanjang tahun. Di bawah cucuran air terjun, terdapat permandian dari landasan batu kapur yang tidak terlalu dalam. Tak heran, pengunjung terkadang lupa waktu ketika berada di tempat ini.


Wisata Taman Nasional Bantimurung

Wisata Taman Nasional Bantimurung

Wisata Taman Nasional Bantimurung




Kunjungi juga :
Pantai Tanjung Bunga Akkarena Makassar
Wisata Pantai Losari Makassar
Air terjun yang berada dalam areal Taman Nasional Bantimurung itu awal mulanya dipopulerkan oleh Alfred Russel Wallace, seorang naturalis dan kolektor asal inggris. Pada tahun 1919, ia menjadikan gua mimpi dan gua batu tersebut sebagai daerah konservasi.


Taman ini terkenal dengan banyaknya kupu-kupu, pada 1856 Sir Alfred Wallace mengunjungi tempat ini dan beliau menyebut daerah ini sebagai 'Kingdom of butterflies' ('Kerajaan kupu-kupu'). Sebuah nama yang masih digunakan sampai sekarang. Sayangnya jumlah spesies kupu-kupu menurun secara signifikan dalam dekade terakhir. Dalam perhitungan pertama ada 270 spesies, pada tahun 1997 jumlah hanya 147 spesies dan pada perhitungan terakhir di tahun 2010 hanya bisa ditemukan 90 spesies. Selain penurunan spesies, jumlah kupu-kupu juga telah menurun secara signifikan: sebelumnya ada begitu banyak kupu-kupu, mereka akan berkumpul dalam kelompoknya masing-masing.

Peningkatan aktivitas manusia di daerah ini dianggap sebagai penyebab penurunan ini. Oleh karena itu pemerintah memulai program pengembang biakan kupu-kupu. Tapi meskipun mengalami penurunan yang signifikan, kamu masih bisa menikmati ribuan kupu-kupu berwarna-warni di sini terutama di dalam atau di dekat salah satu gua.
Selain kupu-kupu Taman Nasional ini terkenal dengan air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter. Air terjun ini merupakan tempat wisata menarik bagi sebagian besar pengunjung. Ada beberapa gua yang dapat kamu jelajahi, di belakang air terjun. Air terjun dan gua berada di dalam sebuah hutan tropis yang indah dengan tebing kapur.

Taman Nasional Bantimurang sangat populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Makasar pada akhir pekan, biasanya pengunjung pergi ke air terjun dan tempat rekreasi yang berdekatan. Tiket masuk Taman Bantimurung adalah Rp 20.000 per orang dewasa. Tersedia penginapan bertarif rendah di sekeliling Taman Nasional dengan tarif Rp 50.000.

Akses
Taman National Bantimurung dapat dicapai dari Makassar dengan menggunakan bus menuju ke Maros, beritahu kepada supir jika kamu ingin pergi ke Taman Nasional dan supir akan menurunkan kamu di suatu tempat, di mana kamu harus melanjutkan perjalanan dengan microlet yang akan membawa kamu ke pintu masuk taman.

4 komentar

air terjunnya kayak salju..putih banget..

keren mas..oya...kupu-kupunya pada cantik-cantik :)

Indonesia ku begitu indah dan menakjubkan

Jawa tengah mas..tepatnya Kabupaten Demak sebelah timur Semarang, di Makassar merantau sejak 2003 sampai sekarang....

Wah tebing karstnya keren banget mas jarang ada tuh mas

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon