Sejarah Awal Adanya Kembang Api

Sejarah Awal Asal Usul Adanya Kembang Api - Seperti kita ketahui Gemerlap kembang api selalu menghiasi malam-malam di setiap pesta kemeriahan, atau pun peristiwa-penting lainya seperti acara vestival, hari besar dan malam puncak akhir tahun. pada momen-momen suatu pesta kemeriahan orang selalu menyambutnya dengan percikan dan hiasan kembang api. Kembang api sudah seperti menjadi sebuah keharusan bagi setiap peringatan hari-hari penting. Gemerlap cahaya kembang api kerap dianggap sebagai simbol kemeriahan, kebahagiaan, atau juga kemenangan. Kembang api menjadi tanda suka cita dan positif bagi kehidupan manusia.
Kenapa Kembang Api Identik Dengan Kemeriahan Tahun Baru

Namun tahukah anda darimana asal mula sejarah kembang api?. Kembang Api berasal dari negeri China, Sekitar abad ke-9, seorang juru masak yang secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal). Ternyata, campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar.

Baca juga : Kenapa Kembang Api Identik Dengan Kemeriahan Tahun Baru ?

Sejarah Awal Adanya Kembang APi di Dunia
Jika mesiu dimasukkan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya,kemudian sumbu itu dibakar,maka mesiu itu akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras. Petasan ini kemudian dipercaya dapat mengusir roh jahat. Kemudian petasan jenis ini dipakai juga pada perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara ritual keagamaan.

 Kenapa Kembang Api Identik Dengan Kemeriahan Tahun Baru

Baru pada saat Dinasti Song (960-1279) masyarakat di negeri China mendirikan pabrik petasan. Bahan baku tabung bambu kemudian diganti dengan gulungan kertas yang kemudian dibungkus kertas merah di bagian luarnya. Petasan ini kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api, yang lebih menitik- beratkan pada warna-warni dan bentuk pijar- pijar api di udara.

Kenapa Kembang Api Identik Dengan Kemeriahan Tahun Baru


Baca juga : Kembang Api Termegah Di Dunia

Meskipun Negara China diakui sebagai penemu, namun pembuatan kembang api berkembang pesat di Eropa. Marco Polo membawa serbuk mesiu itu dari China ke Eropa pada abad ke-13. Di Eropa, serbuk petasan dipergunakan untuk keperluan militer, seperti untuk roket,meriam, dan senjata. Italia adalah negara di Eropa pertama yang membuat pabrik kembang api. Perbedaan antara kembang api dan petasan, Kembang api akan melesat ke udara begitu sumbunya dibakar, sedangkan petasan hanya mengeluarkan suara ledakan tanpa diiringi pancaran api berwarna-warni.

Pada perkembangannya, para ahli kembang api akhirnya bisa membuat kembang api berwarna- warni, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Warna merah berasal dari strontium dan litium, warna kuning berasal dari natrium, warna hijau berasal dari barium, dan warna biru dari tembaga. Campuran bahan kimia itu dibentuk ke dalam kubus kecil-kecil yang disebut star. Star inilah yang menentukan warna dan bentuk bila kembang api itu meledak nantinya. Kumpulan star dimasukkan ke dalam silinder yang terbuat dari kertas atau plastik. Kemudian dimasukkan pula bubuk mesiu serta sumbu untuk menyalakannya.

Dengan kemajuan teknologi, kini bentuk kembang api bisa bermacam-macam. Ada yang berbentuk komet, pohon palem, bunga krisan, planet Saturnus, sarang laba-laba, getah pohon, lilin, kotak kue, bintang, air terjun, dengan special effect yang beraneka warna.

PERINGATAN

ARTIKEL INI HANYA BERSIFAT INFORMASI BELAKA, KEMBANG API HANYA DI PERBOLEHKAN UNTUK HIBURAN SEMATA, DAN KAMI TIDAK MENGANJURKAN ANDA UNTUK MEMBUAT KEMBANG API ATAU PUN BENDA YANG BERBAHAN PELEDAK LAINYA YANG BISA MENGAKIBAT KAN KERUGIAN DAN KERUSAKAN..!

Tag: sejarah
Title: Sejarah Awal Adanya Kembang Api

69 komentar

Wah... Mas artikelnya sudah hampir berdekatan dengan TAHUN BARU nih...
Sangat menarik perhatian untuk di kunjungi... :D
Sambil membaca sejarahnya kembang api...
Terima kasih :)

Wah petasan ini juga di gunakan pada acara pernikahan ya mas? keren nih kalo seluruh dunia menyalakan petasan kembang api

Udah ga sabar nih saya nunggu tanggal 31 Desember

Wee balik dateng kisini toh tak kira dah tidur...he...he..

Lebih seru pas pada mlam malam akhir tahun mas...

Awal mulanya dari cina toh Mas...baru tau..

mas kan awalnya daro seorang koki apa dulnya mesiu ini dijadikan bumbu masak mas :D

kembang api memang terlihat indah ketika berada dilangit dengan warna2nya ya mas, tapi kalo anak yang main kembang api kayanya agak bahaya juga ya mas..

Iya mas... tapi sekarang sudah banyak peredarannya?

Nah ini dia barang yang semakin familiar di penglihatan akhir-akhir ini. Kenapa coba tahun baru harus identik dengan kembang api, bukan kembang desa kek gituh?

*eh

kok keren mas,.?
bagi saya cuma warna dan cahaya nya aja yg keren mas, tapi suara nya tu loeh yg buat saya kagak tahan?

Iya ya mas....kenapa tahun baru indentik dgn kembang api bukan kembang desa...

malah sudah sampai ke ujung indonesia mas, yaitu sabang,.?
hehehh

itu lah yang di takutin mas, di balik ke indahan nya,

ternyata Sejarah pembuatan Kembang Api itu berasal dari Cina ya Kang... saya sudah lama sekali tidak main kembang Api kang xixixii... abis mahal belinya ...

cocok kayaknya kalau mlm taun baru nyalain kembang api ya kang xixixii...

Cina atau Tiongkok dari dulu memang kreatif. Dan eropa tinggal menirunya saja.

seiring dengan perkembangan zaman,sekarang ini kembang api semakin bagus dan menjadi tontonan yg sangat menarik karena bisa membentuk satu formasi ya mas

3 hari lagi nih kita bisa menikmati kembang api secara gratis

kalau dulu cuman di china,sekarang diseluruh belahan dunia kembang api sudah populer ya mas

Cina memang rajanya kembang api bahkan jadi budaya yang ditiru bangsa lain termasuk indonesia

Saya suka melihat kembang api terutamanya pada musim tahun baru atau hari-hari perayaan. Cuma belanjanya kadang kala agak mahal juga.

saya sudah dari kemarin pesen kembang api, sekarang harganya mahal ya mas

Lho kembang desa "@?@23?@9ze$#)^?"

aq baru tau klo asalnya dari Cina,
yap tinggal hitungan hari bisa liat kembang api^^

hehehe, mas eka ada niat ini ya mau bakar bakar malam taun baru nya :)

mb sity tenga , ntar kalo malam taun barunya deket saya aja lho biar ga tegang :) hiks hiks

hiks hiks begitu juga denga saya mas eka, udah lama bengit ga main kembang apinya, paling kalo malam lebaran atuh sama ponaan :)

saya ikutan loya menikmati suasana kembang api besar besaran :)

hehehe, iya mb, kalo malam tahun baru bisa tengoin bersama mb :)

saya baru tau lho mas sejarah kembang api dari mana, ternyata dari cina loya :)

Ternyata china toh yang pertama kali menemukan petasan dan kembang api...jadi ingat masa kecil dulu, minta di beliin petasan dan kembang api sampe nangis-nangis :D

Sebentar lagi tahun baru.. saatnya pesta kembang api kayaknya..

Betul 2 hari lagi dong mas akan ada pertunjukan pesta kembang api dan tahun baru...

Betul mas negeri tirai bambu...

Iya mas sekarang indonesia juga dah bisa produksi.....

Harus di pantau mas dan diawasi...supaya aman...

Siapa bilang mahal mbak 100 rb dah dapet...4 batang kok...

Iya Teh santi kaya kembang desa....

Betul mas...pemandangan yang menakjubkan...jika meledak di ketinggian...

Betul mas...sekarang indonesia sudah produksi sendiri...

Iya mas...ya....malu malu dikit g apalah...

Wah mau tahun barunan temanya pas banget kembang api :D
dan btw ane baru tau kali ini mengenai sejarah kembang api..
kalau ane sih lebih suka jadi penikmat dari pada penyumat, soalnya beli kembang api untuk dilihat, tidak belipun bisa dilihat juga. #ngirit_mode_ON . Hahahaha :D

Petasan dulunya buat mengusir roh jahat ya mas,,, iyaaa hati-hati aja kalo main petasan, jangan bikin kaget orang, wkwkwkwkw:)

Lumayan nanti buat acara hiburan amalm tahan baru lihat kembang api, sebelum pesta malam tahun baru baca dulu sejarahnya jadi buat namabah pengetahuan tentang kembang api.

100 ribu dibakar gituh, hanya tuk sesaat.! ihh mending beliin domain awet sampe setahun

ternyata udah lama juga sejarah kembang api

Marcopolo memang penjelajah yang cerdik, menjadikan banyak inovasi.
Ya sih kalau di cina saya sering liat di film warna petasannya merah Mas :)

ternayta adanya sejarah kembang api sudah lama sekali ya mas, luar biasa tu :D

foto2 kembang apinya bagus2 banget mas

iseng nyari cara buatnya, malah nyasar ke blog sampeyan lagi mas,,,

bakar bakar sampah :) hiks hiks

mb siti mari aja dekat sya mb :)

Bagus mbak kalau masih berkenan nyasar kesini....

Sejarah adalah bagian dari masa sekarang,, kembang api yang bisa kita beli dan bisa kita lihat sekarang ini juga berasal dari masa lalu yang sekarang ini sudah menjadi sejarah, mungkin tepatnya bukan menjadi sejarah tapi sudah berkembang... Kembang api memang biasanya identik dengan acara atau upcara - upcara ternetu,, nah tapi saat ini kembang api khususnya di masayarakat kita identik dengan perayaan tahun baru atau dalam peryaan lain seperti hari raya natal, lebaran(idul fitri) dsb.

Betul Kang Ibrahim....asalnya dari negara Cina

Betul mas...makasih atas tambahan masukkanya....

dulunya di negeri cina ada salah satu malam kegelapan mas karena masyarakat takut keluar dengan ada ong, seperti monster pemakan anak. akhirnya ada biksu yang berbaju merah mengusir ong tersebut dan pesannya masyarakat daratan tiongkok untuk menyalakan lampu dan membakar apa saya sehingga dapat menimbulkan api pijar warna merah yang ditakuti olejh ong tersebut. nah dari sinilah dibuat semacam kembang api yang di masukkan dalam bambu, dan akhirnya berkembang menjadi kembang api seperti sekarang ini. kalau dalam budaya cina ini menjadi tradisi kalau di lain ini hanya menjadi penyemarak tahun baru mas. dan cerita ini kurang lebih saya dengan apa yang dijabarkan dalam tulisan ini mengenai asal usul kembang api...karena ini merupakan legenda masyarakat cina....

Kembang api atau petasan memang identik dengan orang cina, dimana hampir difilm-film cina selalu ada petasan

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon