Sejarah Awal Adanya Blog

Sejarah Awal Mula Munculnya Blog - Blog merupakan singkatan dari ,web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.




Sejarah
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Artikel menarik lainya : Siapakah Pemilik Google

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Jenis-jenis blog
  • Blog politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog Seperti kampanye
  • Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog Literary blog.
  • Blog perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode : Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
    Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs Blog Laws.
  • Blog media : Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama : Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk directory: Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan : Fokus tentang objek di luar manusia; seperti hewan-hewan peliharaan
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Baca juga : Mengenal Siapa Aktor di Balik Google Adsense

Budaya populer
Ngeblog istilah bahasa Indonesia adalah blogging harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat mengganti template atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet[butuh rujukan], dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger sebutan pemilik blog untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar[butuh rujukan].

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog[butuh rujukan], karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Sumber data : https://id.wikipedia.org/
Demikian penjelasan kami mengenai "Sejarah Awal Adanya Blog" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

32 komentar

dari banyak jenis blog diatas blog saya masuk jenis apa ya mas? nggak ketemu nih yg pas dengan blog saya

saya malah baru tau disini tentang sejarah awal berdirinya blog lo mas.
terimakasih telah berbagi info

blog sampean termasuk kategori blog media mas...karna memuat dan merangkum segala informasi...begitu mas kira-kira

weee masak mas....sebagai blogger...sangat di sayang kan kalau tidak mengetahui Sejarah dan Awal Adanya Blog...bisa-bisa nanti dijewer sama mbah google lhooo....

Apakah blog saya juga termasuk blog media mas??

saya sudah tahu lho tentang sejarah blogger!! weekk..
saya tahu setelah baca artikel ini tapi, hehehe.. mudah-mudahan ga di jewer sama mbah google....

Alhamdulillah mas, disini saya jadi tahu tentang sejarah blooger dan pemilik awal blogger sebelum di akui oleh google. thanks ya mas...

dari beberapa jenis blog diatas saya baru tahu kalo ada yang namanya blog spam dan blog virus. serem banget ya blog virus itu.. bisa di jelaskan ga mas ciri-ciri blog virus itu seperti apa?? agar kita bisa lebih waspada terhadan sistem perusak (virus) itu

Dari sekian banyak jenis blog,,,kayaknya blog gado-gado paling banyak ya mas trik....

saya sendiri sebenarnya belum sempat memerhatikan sejarah blog bagaimana latarbelakang nya, hehehe nah dengan adanya pembahasan mas trik diatas bisa menambahkan pengetahuan ne buat saya :)

sama mas, saya juga pun baru tau ini :)

Bloh virus sangat membahayakan bagi pengunjungnya mas....

Sekarang banyak blog gado gado mas... Blog yang mencakup segala niche...

Nah benar tuh apa yang ku bilang... Itu artinya sama ....mencari duwit siang malam tapi tidak tau nama sebenarnya..duwit..... He...he...he...kena kau... @-)

saya baru tau kalo di akuisisinya itu tahun 2002. mungkin saya pada saat itu belum tau internet kayanya

nama sebenarnya duwit itu blog ya. wkwkwkwkw
saya kita ujang mas

mas blog gado - gado g masuk ya mas

Nama duwit yang sebenarnya hanya orang2 tertentu yg tahu mas...termasuk sy nih tahu...he .he..

Mungkin masih balita tuh mas..

Kok type blog saya ga masuk ya mas..sama apa kata Mangadul..blog gado-gado...hehe

Jadi ingat waktu mengenal dunia blog, sampai bingung untuk menentukan mana yang bisa di pilih untuk menyajikan sebuah konten, tapi kalau dilihat dari sejarahnya sebuah blog dengan katagori yang di sandangnya tinggal di sesuaikan saja ya mas dengan hobi dan kesukaan kita.

Betul Bang indra ,,, tema atau niche blog sebaiknya sesuai dengan keahliyan , hoby dan pengetahuan kita....maka hasil konten akan jauh lebih bagus dan mencerminkan karakter dari pemiliknya...

G masalah mas...yang penting bukan blog suka goda goda....nggoda apaan coba?

Wah... artikel ini sebelumnya pernah saya publish, ternyata Mas membuatnya juga...
Hehe...
Saya juga sumbernya sama dari Wikipedia, hanya saja saya rubah dari tata bahasa dengan gaya saya sendiri...
Memanng benar Mas, sejarah blog ini memang sangat menarik untuk di ketahui, apalagi bagi para blogger pemula... :D
Terima kasih...

benar-benar artikel yang mencerahkan mas. terima kasih, ternyata blogger awlnya bukan punya google.

pada perkembangan awal, sidikit susah mas menggunakannya, karena beberapa fitur tidak tersedia layaknya seperti sekarang. beda dengan wordpress yang plugginnya banyak dan banyak pengembang dari pihak luar. kalau di blog paling bisa berkreasi menghasilkan beberapa widget pendukung....tapi saya bersyukur dengan blog, karena dari sana banyak sekali manfaat yang bisa saya rasakan.

Betul mbah Blogspot adalah saudara tuanya wordpres jadi mereka kelihatan akrab dan akur...namun ada sedikit beda tentang kode diantara keduanya....kendati bwgitu mereka saling bergandengan saling membari masukkan satu sama lain....

Lho berakti kita satu guru mas ya....he...he...

Hmmm... blog gado gado itu yang paling banyak di dunia maya ini mas... heheh
kunjungan perdana :))

Betul mas demi mengejar kategori blog yg kaya akan conten akhirnya para admin blogger merangkum semua segala niche , jadi blog gado gado ...he.he..

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon