Cara Cek Kecepatan Loading Blog

trikpos - Cara cek dan mengetahui kecepatan loading blog.seberapa pentigkah volume speed kecepatan blog ? Dan berpengaruhkan terhadap tingkat trafik pengunjung blog kita? Jawabanya tentu ada pengaruhnya,,Asalkan anda tahu saja bahwa sekarang Google memprioritaskan situs web yang memiliki loading yang relatif cepat, Mengapa? Karena situs web yang loadingnya cepat tentu memberikan dampak positif pada pengunjung.

Secara umum, kasus utama yang bermasalah adalah kecepatan loading blog pada perangkat mobile. Loading pada perangkat ponsel cenderung lebih lambat dibanding loading pada komputer. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui kecepatan sekali gus solusi untuk memperbaiki loading blog? Di sini saya sediakan dua tools yang sangat akurat dalam mendeteksi masalah-masalah pada kecepatan blog Anda. Serta terdapat tips-tips yang dapat membantu Anda untuk mempercepat loading blog.

Cara Cek Kecepatan Loading Blog

Baca juga : Cara Mudah Mengetahui Page Rank Blog




1- Google PageSpeed Insight.
Ini adalah tool besutan dari Google yang dapat mengukur seberapa besar performa blog kita.
kunjungi url https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

cara sangat mudah anda hanya memasukkan ling homepage blog anda pada form lalu kilik ANALISIS. Dengan tool ini kita bisa meneliti masalah-masalah apa saja yang mempengaruhi performa kecepatan blog kita, mulai dari High Priority sampai Low Priority, selain itu tool ini juga menyediakan fitur Experimental Rules yaitu kamu akan diberikan masukan-masukkan yang berguna untuk meningkatkan kecepatan loading blog kamu.

2- GTMetrix
Ini tool dari GTmetrix, fungsinya sama saja seperti PageSpeed Insight, melalui tool ini kita bisa melihat lamanya waktu blog kita untuk dimuat 100%, ukuran halaman blog kita (dalam kb), serta total request ketika blog kita diakses. Situs ini juga memberi masukan / saran untuk meningkatkan performa blog kita, tapi sayangnya kalau sobat tidak mendaftar menjadi pro member maka akan diberi batasan dalam menggunakan situs ini, yaitu hanya boleh 20 kali test dalam sehari.

Kunjungi link https://gtmetrix.com/
Cek kecepatan blog menggunakan GTMetrix ,Hasil pengukuran kecepatan yang dilakukan GTMetrix ini cukup akurat. Selain itu, tool ini juga mudah digunakan dan mudah dimengerti. GTMetrix juga akan memberikan ringkasan mengenai masalah yang menyebabkan loading blog melambat, dan juga memberi tahu mana yang penting yang harus diperbaiki.

Caranya sama dengan cara diatas, silahkan Masukkan URL blog/ halaman yang Anda ingin tes kecepatannya ,p roses memerlukan beberapa detik, tunggu sampai selesai
Lalu Anda akan mendapatkan laporan lengkap mengenai kecepatan blog Anda. Cukup mudahkan ?


Demikian penjelasan kami mengenai "Cara Cek Kecepatan Loading Blog" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

11 komentar

Dua tools yang rekomendasi banget nich Mas...
Buat test loading situs...

blogku kalau di pagespeed yg versi mobile masih ada tanda serunya. bingung mau ngebetulinnya kayak gimana mas

Saya juga pakai Gmetrix untuk cek kecepatan loading blog. Kabarnya Gtmetrix ini milik google juga ya mas?

wah langsung ke TKP ah.,
maklum new be baru tau yg ginian.,?

Langsung dicoba gan :D
soalnya kalau saya pribadi lebih suka mampir ke blog yang ringan loadingnya, kasihan visitornya yang cari info kalau loadingnya keberatan malah bisa pada kabur :D Hehehe

saya langsung cek ke tekapeh mas, langsung cek di kedua situs tersebut dan hasilnya ya lumayan bagus mas. bisa jadi refrensi nih mas, bookmark ah barang kali nanti dibutuhkan lagi buat cek

Jika masih ada tanda seru berwarna kuning dan merah apa wajib di perbaiki ya mas??

Mungkin mas triks punya sedikit tips agar loading blog bisa menjadi cepat?
Saya telah mencoba beberapa cara seperti memasang asyncron pada javascript template..tapi tampilan blog jadi berantakan mas..


EmoticonEmoticon