Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar

Kode Etik dan Cara Berkomentar Yang Baik
Kode Etik dan Cara yang baik serta Unik Saat Berkomentar- Berkomentar adalah kegiatan utama saat kita melakukan aktifitas blogwalking, ada banyak macam fariasi komentar saat aktifitas blogwalking berlangsung, ada yang sekedar basa basi, sekedar bertanya, saling colek, bercanda,berdiskusi, dan shering, atau bahkan ada komentar yang sangat singkat dan terkesan buru-buru, komentar yang seperti ini bisa di artikan orang tersebut hanya asal nongol sekedar nimbrung dengan tujuan mengharapkan si admin berkunjung balik ke blog mereka.

Secara hukum blogger memang tidak ada aturan atau pun Undang-Undang secara tertulis yang merinci tata cara dan etika tentang berkomentar, namun kita sebagai seorang blogger yang bermoral tentunnya harus bisa menciptakan suasana kondusif, nyaman dan rasa persahabatan saat berkomentar. jadi jangan sampai melupakan fungsi utama berkomentar yaitu sekedar ingin menanyakan atau ingin memberikan pesan kepada si pemilik artikel/blog. Lalu Seperti apakah Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar?

Berikut beberapa poin Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar di blog orang lain:

Artikel terkait : Bagaimana Cara Berkomentar Yang Mendatangkan Seo ?

1- Sapa terlebih dahulu Admin blog:
Menyapa pemilik blog di awal kunjungan bukan menjadi sebuah keharusan atau wajib, tetapi akan lebih bagusnya kalau anda orang baru bolehlah sebagai awal perkenalan misal : Assalamu alaykum, selamat malam bang Admin... JIka anda sebagai blogger pemula , anda adalah orang baru di dunia para blogger , sebaiknya anda bisa berakting seoal-olah memperkenalkan diri, anda tidak perlu malu beri salam kepada pemilik blog. Namun berbeda dengan para blogger yang sudah pada saling kenal dan akrab mereka bisa asal nylonong ,pada saling ejek mengejek , ngledekin satu sama lain tetapi masih dalam batas kewajaran, terkadang komentar mereka suka yang aneh-aneh dan sesekali di campuri dengan kata humor ataupun kata-kata lucu.

2- Utamakan saran ketimbang kritikan:
Dalam dunia blogger, terkadang seorang Admin tidak luput dengan yang namanya kesalahan misalnya kesalahan karakter pada penulisan artikel maupun tata letak pada desain blog yang kurang pas, nah kita sebagai pengunjung yang ingin menyampaikan kesalahan tersebut sampaikan saja dengan baik sopan dan ramah, bisa juga anda saling bertukar pikiran, ide ataupun gagasan seputar trik blogger atau apalah, tetapi jangan sekali-kali menyampaikan komentar dengan nada mengkritik secara tidak ramah karna akan memicu kesalah fahaman yang mengakibatkan perselisihan antar blogger.

Baca juga : Cara Otomatis Mengapus Link Aktif di Komentar Blog

3- Tunjukkan bahwa anda seorang humoris:
Seperti kita ketahui aktifitas blogwalking adalah tempat dimana mereka para blogger saling bertemu dan berdialog secara online, saling colek, bercanda,berdiskusi saling shering. Bolehlah sesekali kita menyisipkan kata-kata humor dan banyolan untuk sekedar menghangatkan suasana agar kegiatan berkomentar serasa menyenangkan rileks dan ada canda tawa ngakak yang sedikit mengocok perut. ha..ha...kwek.kwek.kwek...kaburrrrr...!

4- Saling bertukar pendapat dan berdiskusi:
bisa jadi di kolom komentar kita jadikan sebuah konverensi meja bundar (kalau bahasa politik di DPR ) kita bisa memcahkan masalah bersama dan berdiskusi misalnya tentang pengalaman ngeblog, tentang penghasilan dalam kegiatan ngeblog yang kita jalani. namun anda jangan terlalu terbuka soal penghasilan anda selama ngeblog karna akan menimbulkan kecemburuan sosial, tetapi jika terpaksa anda harus membahasnya secara pribadi, anda bisa membicarakan melalui via telephone dan ini akan lebih tertutup dan rapi.

Demikian penjelasan kami mengenai "Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

65 komentar

Hehe kalau saya pribadi sih mas, lebih utamain kritikan, biasanya kritikan itu penting buat ngebantu kita tahu kekurangan yang kita punya. Nah, selebihnya yang mungkin mas jelasin diatas seperti humoris, harus menyapa itu adalah Bonus bagi saya. :D
Dan saya paling suka kalau ada rekan-rekan blogger yang datang ke blog saya untuk bertanya atau melengkapi penjelasan saya. :D
Hehehe, terima kasih atas ilmu nya. Semoga sukses selalu yah :)

oh ya...kritikan sebenarnya tidak masalah mas asal ngritiknya jangan volume tinggi .....kuwater nak njeblos.... (h)

Sesuai dengan kode etik yang diulas pada artikel ini, kalo gitu saya mau menyapa mang admin dulu ah, hallo admin Trikpos... selamat malam, saya orang desa... mohon maaf baru sempet berkunjung lagi disini. :d

hhe karena saya baru, berarti saya harus menyapa dlu..
Menyapa bang admin b-( , ok sudah :-)

Saya ga mau kasih kritik dan saran, tapi pujian aja bang,
"mantep bang artikelnya sangat bermanfaat" wkwk datar sekali , dan itu komentar seperti pada umumnya :>)

Kode etik dalam berkomentar memang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap blogger, meskipun tidak ada aturan baku yang mengatur tentang berkomentar. Tapi alangkah baiknya jika kita saling menghormati dan menghargai empunya blog tersebut, dengan cara berkomentar yang baik dan sopan tidak mengandung SARA.

Sebisa mungkin memberikan komentar yang sesuai dengan topik pembahasan, selanjutnya seperti yang dibilang Mas Trikpos, untuk lebih mengakrabkan diantara sesama blogger bolehlah saling bercanda dengan catatan ada sala satu komentar kita yang bener-bener sesuai dengan pembahasan.

kritik yang sifatnya membangun pastinya, bukan kritik yang asal jeplak dan gak punya dasar, bukan begitu Mang Admin? :)

Salam kenal admin, maf saya newbie dan sangat terbantu dengan petunjuk di atas untuk membangun kode etik dan cara berkomentar yang baik di Blog saya lebih condong menghargai dari pada memberikan cetusan pedas dalam komentar.

Biasanya admin blog juga biasa menerapkan sebuah metode kecil-kecilan untuk sebagai pancingan targetnya yang akan dituju. Misalnya bagaimana membuat konetn yang agak kontra dan kita bisa melihat respon dari para blogger lainnya.

Biasanya mah malah pembaca yang sebenarnya tidak meninggalkan komentar, jarang banget. Sedangkan yang sering meninggalkan komentar itu hampir rata-rata yang aktif di media blog atau website.

He,, he,, he,, jadi hati-hati juga sih kalau komen, lebih enak mah bangun persaudaraan dan keakraban saja. Masalah setuju atau tidak itu kembali kepada penilaian individu masing-masing. Itu sih menurut saya Kang. Kalau salah tolong dibenerin ya, jangan dimarahin apalagi di buli. he,, he,, he, :D

Kodenya yan mana Kang ? kasih tahu dong.... :D

Maaf deh kalau asal jeplak, asal jangan jeblak aja..... :D

Saya mah rada lupa mas pas waktu pertama kali berkunjung ke sini nyapa adminnya apa nggak hehe

Ya udah deh saya sapa ulang lagi. "Hay admin, saya pendatang baru, ikut nimbrung di blog ini yah" :d

Jadi malu,,,saya termasuk tipe blogger yang gak suka menyapa diawal kunjungan,,dan terkadang suka SKSD=sok kenal sok dekat

Ikutan nyapa juga... salam kenal mas trik..

paling males ngeladenin komen yang gini doang "nice share, "nice inpoh" dan sejenisnya. seakan gak niat komen hha

nyapa dulu aja ah...assalaamualaikum..selamat pagi dan slam hangat...mari ngopi :)

Waalaykum salam Kang santri....good morning sugeng enjeng.... monggo di unjuk kopine...
(c)

yang penting bukan komentar sammbalado mas denny....

wee...justru bagus lho komentar sammbalado ...apalagi sammbalado nya Mbak Ayu ting ting....

pasti kenyal dan empuk niiih.....ha.ha.... (h)

selamat sian mas trik, hehehe sapaan sebelum berkomentar, hahaha oya dari kesemua poin tersebut sangatlah menarik untuk dikembangkan mas, hehehe

kopi saya mana, kok belum kebagian mas :)

nah itu saya banget e mas :)

sesuai peraturan ( kode etik ) hahhaha

haloo admin, saya albar, salam kenal ( nyapa admin
menurut saya blog ini sangat bagus, tapi arsip blog dibawah itu mengangu saya kurang baik di pandang mato ( saran/ kritikan )

hahahhahahahahhahahahahahhahahahahahhahaha ( humoris )

tukar pendapatnya saya tidak tau mau berpendapat apa , wakakkakak

Trimakasih Mas Em Albar atas masukkanya....dan arsib blog yg ada di bagian fotter sudah saya hilangkan mas... (h)

kodenya dibawa mbak etik....Mas ...

selamat malam mas,, baru pertama kali nih saya berkomentar di sini, rasanya agak dek-dekan gimana gituh soalnya takutnya gak beretik. hehee

salam kenal yah & makasih sharenya..

Mbak Etik pergi ke pasar....mas.. (o)

Sesuai artikel diatas, pertama tama saya ingin menyapa admin trikpos ini dulu ah. Hallo admin trikpos, apa kabar???
hehehehe...
Artikel tentang kode etik dan cara unik saat berkomentar ini membahas tentang blog walking ya ??
baru sekitar sebulan lebih saya berani berkomentar di blog, dulu pernah ingin berkomentar di blog seseorang tapi selalu ada rasa takut gtu, setelah baca baca artikel seperti artikel kaya ini ternyata saling sapa dan berkunjung ke blog sangat penting ya mas trik..
sukses selalu artikelnya..

kopine tesih enten nopo sampun telas kang??

Saya paling suka dengan komentar yang melengkapi artikel yang saya tulis jadi lebih kaya informasinya.Oh ya berhubung saya sudah sering mampir salam saja deh dari blogger bekasi tapi wong ndeso

komentar yang beretika, meski bercanda tetap ada tatakramanya

ternyata itu berkomentar itu ada etika yg nggak tertulis tp kudu dipahami oleh setiap blogger agar hubungan antar blogger bisa semakin akrab dan tidak terjadi kesalah pahaman ya mas.
makasih,akan coba saya terapkan

kalau saya mudah saja,pokoknya salah satu komentarnya ada yg sesuai topik.kalau ada komentar diblogku yg sok akrab dan nggak ada yg sesuai topik ya nggak berkunjung balik mas.

waaa ...tega kamu mas memperlakukan pengunjung blog sampean seperti itu....tega sebenar nya orang nya baik hati....

terkadang saya merasa sedih mas hahaa

saya sudah gak pernah singgah ke blognya kang wkwkwk

masak harus saya bales sendiri komen saya sih :D

Tenang mas disini ada mas kode sama mbak etik....mantep kowe...

kalau menerapkan kode etik berkomentar yang admin sampaikan ada bagusnya juga sih min.. halo admin, gemana kabarnya sehat ? >.< (coba menarapkan) wkowkwokwo...
kebanyakan artikel yang blum aku ngerti bingung au ngasik saran min, palingan aku nyimak aja sambil ngucapin terimakasih. :v
tapi kalau ada yang menurutku seru sih banyak yang bisa aku komentarin... Kode Etik dan Cara Unik Saat Berkomentar mantep banget min, emang sepatutnya kita mempunyai kode etik saat berkomentar...

berkomentar juga butuh kode etik ya mas, saya kira asal-asalan deh

gitu gimana mas yanto, jangan suka gitu donk, wakakaka

nah mbak etiknya mana mas, kenalin donk, siapa tahu bisa jadian di blog, wakakaka

saya kok jadi lupa belum follow blog keren ini ternyata, saya follow dulu biar tambah banyak teman, salam sukses, salam blogger mas

Kulonuwun dulu pak Admin, Walaupun komentar di blog tidak aturannya, tapi memang etika juga harus diapakai yah, Bercanda boleh asalkan sudah memberikan komentar yang ada hubungannya dengan artikel.

Nomer satu yang sering kelupaan, bahkan di komen ini pun saya lupa menyapa, hehe. Terima kasih sudah mengingatkan...

Sudah sepantasnya untuk semua komunitas blogger didalam berinteraksi haruslah beretika dan menciptaka suasana nyaman supaya lebih asyik dan serrrru.... :o

ya...bisa pake kode bisa juga menggunakan etik...!.... :-s

foollonya kok g sedari dulu......mas sampean selama ini kemana aja..... :-b

monggo.... sedulur tuwo.... pinarak... diunjuk kopine.... (c) (c)

Kalau sya mah biasanya ngasih komentar santai,, apalagi sama admin blog yang memang sering dikunjungi,,, tapi tetep sih komentarnya fokus sama materi yang dibahasss..... nah kalau saya sendiri sih kalau ada yang comment diblog saya,, saya juga bersikap santai,,, asal jangan nyepam aja... :D

wqaduuuh kejam bangeet mas yantooo,,, *ngeriii

Oky lah kalau begitu ...mas sama dengan saya ...mungkin kita senasib ya mas..?

Hallo Mas...
Terima kasih atas artikelnya... bisa nambah pengetahuan saya untuk perihal berkomentar dan komentar... :D
Salam...

Tapi ada juga blogger yang seleranya humor tipis. Mudah marah dan tersinggung jika mendapat komentar yang tidak sesuai yang diharapkan. Bawaannya serius dan tegang.

seperti blogku yang pengujungnya ribuan keatas, tapi yang koment cuma lima :)
Emang sengaja aku atur kolom komentarnya seh, hanya pemelik akun google. Sebenarnya kasihan juga pemilik aku wp tidak bisa meninggalkan komentar. Habis capek berkunjung balik jika yang komentar banyak ( Sombong dikit ah )

Tapi umumnya blogger tidak siap kritik. Mungkin dia sudah capek buat artikel yang dianggapnya sudah memakan waktu dan tenaga yang banyak. Tapi membaca hanya bisa mengkritik. :)

Pada umumnya blogger kasih komentanya hal ginian, nice post gan jangan lupa kunjung balik . Emang dia baca artikelnya ??????

Selamat pagi gan ! Artikelnya sangat membantu saya ( emangnya artikelnya tentang apaan ?? ) :).

Kalau blogku yang koment justru lebih banyak anak buah mak erot :)

bukannya pedas dan panas ya haha

berkomentar dengan sesekali ada canda tawanya bagus juga mas...agar suasana tidak tegang dan serius....

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon