Niche Blog Yang Cocok Untuk AdSense

trikpos - Niche Blog seperti apakah yang cocok untuk adsense? - Istilah Niche adalah topik khusus atau suatu rangkaian artikel dalam satu blog, blog dengan satu niche cenderung lebih disukai oleh search engine Google. Karena mesin telusur tersebut lebih mudah menentukan tema pada blog niche. Karena topik yang dibahas dalam blog tersebut hanya satu macam saja, alias tidak campur gado-gado.

Begitupun hal nya seperti iklan Google AdSense. Penayangan iklan ini cenderung lebih relevan dengan topik artikel yang dibahas dalam blog. Dengan catatan blog tersebut adalah blog niche spesifik dan ini akan berdampak penayangan materi iklan yang relevan dengan konten blog, maka besar kemungkinan potensi klik iklannya akan semakin tinggi.

Tidak semua niche blog bisa menghasilkan klik iklan yang tinggi atau bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari AdSense ini misal, blog anda hanya membahas satu macam niche tutorial blogger. Maka iklan AdSense kurang cocok dipasang di blog anda, Apa alasannya...? Alasan yang mendasar adalah jenis pengunjung nya sama-sama blogger yang sudah pada akrab tentang iklan adsense, jadi mereka enggan mengeklik iklan, ia kan.. ? sammma dong...!

lantas, Niche Blog apa saja yang cocok dan Terbaik untuk AdSense itu ? Mari kita diskusikan bersama dengan merujuk ulasan-ulasan berikut ini :

Google Adsense adalah salah satu donatur di dunia bisnis online center terbesar bagi blogger dan webmaster. Tak heran jika Google telah terbukti menjadi salah satu Ads service yang paling dipercaya oleh publisernya maupun calon-calon pengiklan, memiliki advertiser terbanyak, memiliki niche beragam, sesuai tipe dan jenis website, memiliki layout yang bisa diseragamkan dengan berbagai desain website, dan yang terpenting adalah memberikan komisi jauh lebih besar daripada Ads service yang lain. Muncullah pertanyaan..! Benarkah setiap admin blog dapat menikmati bayaran super tinggi dari Adsense? Benarkah semua situs bertraffic tinggi otomatis mendapatkan klik dan CPC yang melimpah? saya menjawab.... fiktif-fiktif
Niche Blog Yang Cocok  Untuk AdSense
Bagi saya pribadi soal niche ataupun CPC, faktor yang mendukung dan yang paling utama adalah jumlah trafik pengunjung organik yang tinggi, kenapa demikian? pengunjung organik adalah poin awal yang di gunakan oleh search engine Google dalam menentukan eksistensi peringkat sebuah website, dan ini adalah modal utama yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan Adsense anda. Seperti contohnya di beberapa blog saya yang lain yang bertema di luar webmastering, meskipun traffic belum menunjukkan angka yang sigdifikan karna blog masih baru, CTR (click through rate) atau perbandingan/rata-rata jumlah tampilan iklan dan klik iklan berpeluang besar serta CPC cukup tinggi.

Baca juga : Anda Berkali Kali Di Tolak Google Adsense ? Ini Solusinya

Intinya, di sini saya ingin menggaris bawahi, bahwa dengan fokus pada satu niche semata bukanlah hal yang tepat. Jadi, meskipun selain faktor pengunjung organik yang terpenting, dengan fokus pada beberapa niche juga di perlukan, tetapi untuk ke depannya setelah anda membaca ulasan ini, saya berharap anda juga memperhatikan, memperhitungkan, dan mengkaji target pengunjung seperti apa yang bisa menciptakan CPC dan CTR tinggi. Karena ujung dari pendapatan ada pada kedua poin tersebut.

Pertama: Kesimpulannya ada dua hal penting. Begini mas bro, jika anda ingin menggantungkan pendapatan 100% atau setidaknya 50% dari Adsense pada salah satu website/blog anda, politik dan strategi niche sangat dibutuhkan jadi jangan di kira politik itu hanya ada di kursi DPR saja,

Kedua : Hindari penggunaan berbagai macam niche sekaligus dalam satu blog, karena ini tidak berefek baik untuk menarik targeted visitors. Selain itu, iklan yang ditayangkan terkadang tidak relevan sehingga potensi klik melemah. targetlah niche yang juga banyak mentarget pengunjung umum, dimana mereka memiliki “ketertarikan tulus” pada iklan dan mengikuti rasa penasarannya dengan meng-klik iklan tanpa dibebani pemikiran apapun. logika

Berdasarkan apa yang saya amati di lapangan dan mempelajari dari blog-blog saya sendiri dan juga dari beberapa website dengan niche-niche tertentu, berikut adalah niche-niche yang cukup memberikan potensi klik, CPC, dan masuk dalam kategori High Paying Keywords tinggi (HPK, meskipun di Indonesia belum bisa dikatakan memiliki spesifikasi khusus untuk iklan-iklan ber-HPK tinggi seperti di luar negeri) serta yang paling penting, memiliki target visitor umum:

Artikel terkait : Cara meningkatkan trafik blog dengan pengunjung organik

Inilah 8 Niche Blog Terbaik Untuk AdSense

1. Otomotif.
Ini adalah niche yang sangat empuk dan renyah menurut saya..(kaya makan ayam kentucky ya he..he..) Salah satu alasan mengapa niche ini memiliki CPC yang tertinggi adalah karena pengunjung yang digiring melalui klik (targeted visitor) akan dibawa ke tawaran penjualan produk otomotif dengan harga super tinggi. Tidak heran jika bayaran klik pada iklan jenis otomotif seperti ini bisa mencapai 3 hingga 5 Dollar per klik!... bisa kita bayangkan kalau 1 $ dolar berkisar antara 13 ribu sampai 14 ribu, sungguh angka yang fantastis bukan?...

2. Review Produk.
Meskipun memang diakui sangatlah sulit menulis review produk yang diakui Google sebagai review yang objektif dan berkualitas dan kemungkinan mendapatkan approval sangat kecil, namun niche ini memiliki HPK dan potensi CTR yang sangat tinggi

3. Teknologi dan Peralatan Elektronik.
Niche ini cukup luas dan memiliki beberapa genre. Namun pada umumnya niche ini berbicara tentang tips atau review dunia komputer, internet, gadgets, aplikasi, laptop, mobile devices, dan banyak barang-barang elektronik lainnya.

4. Kesehatan, Kebugaran, dan Nutrisi.
Sebagai contoh adalah tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, penggemukan atau pengurusan tubuh, makanan sehat, tips menghindari penuaan dini, dan sejenisnya.

5. Komputer dan Internet.
Sebagai contoh adalah reparasi komputer secara mandiri, keamanan internet, networking, social media, dan sejenisnya.

6. Fashion dan Kecantikan.
Niche ini cukup digemari kalangan muda dan dari kelas yang biasanya ada pada level menengah ke atas. Sebagai contoh adalah tips padu padan baju, trend fashion, review peralatan kecantikan, perawatan tubuh, trend fashion Korea, aksesoris, review desainer, dan sejenisnya.

7. Travelling dan Hiburan.
Ketika seseorang hendak melakukan perjalanan wisata atau mencari tempat hiburan di wilayah tertentu, dia pasti akan menuliskan keyword yang tepat di Google, sehingga kemungkinan mendapatkan targeted visitor dengan niche ini adalah 99%; dan, artinya CPC dan kemungkinan klik (CTR) sangat tinggi. Review tempat wisata, hotel, tips melakukan perjalanan, dan sejenisnya adalah topik-topik yang sangat cocok untuk niche ini.

8. Make Money Online/Bisnis Online.

Baca juga : Cara Menemukan Pelanggaran Kebijakan Google Adsense di Blog

Sebenarnya masih banyak beberapa yang lain yang bisa disebut sebagai niche yang memiliki potensi tinggi bagi Adsense, tetapi secara garis besar ke 8 poin di atas sudah cukup untuk modal buat anda di dalam menentukan Niche Blog Yang Cocok Untuk AdSense anda . Namun menurut saya, disesuaikan juga dengan konteks di Indonesia, niche-niche tersebut masih agak langka untuk dikembangkan, sebagai contoh adalah situs perkencanan (dating), love and relationship, motivation and self improvement, representasi hukum (legal action, seperti misalnya pengacara, advokat dan advokasi hukum, dll), barang-barang antik. Semua yang telah saya sebutkan di atas juga memiliki potensi CPC dan CTR tinggi, namun dalam konteks konten berbahasa Indonesia, ini kurang cocok, karena pengunjung akan lebih banyak melihat iklan berbahasa Inggris dan berasal dari luar negeri.

jadi apakah anda sudah memutuskan untuk memilih niche tertentu? Menurut saya, memilih satu fokus niche yang jelas jauh lebih baik daripada kita menggabungkan seluruh niche dalam satu blog. Selain kualitas konten menjadi amburadul, fokus perhatian pengunjung bisa terpecah! kesono kesini.

Demikian penjelasan kami mengenai "Niche Blog Yang Cocok Untuk AdSense" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

44 komentar

Sepertinya blog saya jenis blog amburadul mas, yang mencakup semua jenis niche diatas. Oh ya, terima kasih tipsnya mas :)

bisa di edit ulang mas supaya rapi dengan beberapa niche blog yang saling berhubungan dalam satu blog ,mas Defi bisa melihat contoh blog saya yang memuat beberapa niche blog yang saling berhubungan tapi termuat dalam satu blog (h)

Pengen juga sih punya blog dengan niche-niche di atas...sayangnya terkendala sama waktu,,

nice blog memang lebih baik dimata google, tapi saingan nice blog juga tak sedikit.namun saya pernah baca satu artikel lupa lagi blognya, kalo ga salah di juragan cipir bahwa suatu blog memiliki satu potensi bagus dalam pembahasan.jadi meskipun gado-gado sebuah blog pasti memiliki jati dirinya mas.tapi ga tau deh karena setiap orang memiliki pendapat berbeda-beda,hehe

ternyata banyak kriteria yg bisa dipilih agar blog yg kita buat cocok untuk Adsense ya kang :D
kalo blog gado2 mah gak cocok hikhikhik....

apalagi blog saya Mas hikhikhik... nanti kapan2 buat blog lagi ah hehehe.. :)

Sepertinya opsi- opsi di atas perlu diseleksi untuk niche yg lebih maknyos...

penting banget ya menentukan nice yang tepat, jika blog kita digunankan sebagai tempat publisher

kasian banget ne mas blog saya, awalnya niche kesehatan, walaupun beda dengan judul, selama ini jadi gado gadoan, haha :)

blog saya masih terseok-seok mas, walaupun blog ber-niche, tapi tradisional banget dan blog gratisan pula hehe.. pengunjung cuma lewat doang

Saya main dua-duanya mas blog niche dan gado-gado enak mas bisa saling mendukung satu rame satu sepi atau rame kedua-duanya.Kalau niche blog yang penting kualitas artikelnya mas jika trafik sudah memadai bisa dibiarkan begitu saja tapi tetap menghasilkan

Jawaban yg sangat tepat Mas Sugiarto, empedu yg terkenal manis pun bisa berubah manis jika kita mampu mengolahnya, akan tetapi cirikhas empedu tak kan bisa hilang walaupun meng endap-endap bersembunyi di balik celah-celah rasa manis itu sendiri (h)

saya bingung blog saya isinya gado gado karena ikutan lomba blog :D

bis saya coba nih siapa tau dapat honor yang mebludak. hahaha
saat ini masih kacau balau bloog saya . makasih mas idenya

Jawaban yg tepat sekali, like untuk Mas Sugiarto , empedu yg terkenal pahit pun bisa berubah manis jika kita mampu mengolahnya, akan tetapi cirikhas empedu tak kan bisa hilang walaupun meng endap-endap bersembunyi di balik celah-celah rasa manis itu sendiri

perhatikan.
kang Wong mulai KPK deh tuh

saya jadi bingung mau komentar apaan, semua komentar udah diambil semua oleh yang diatas saya atuh da.
ya udah pokoknya bikin blog nice supaya adsensenya membumi deh yu

keren euy, saya udah narsis di kotak followers blog gudang informasi ini

oh niche niche itu yamas yg berpotensi mendapatkan klik tinggi dari GA.
blog saya nggak masuk kriteria nih karena gado gado

gak usah komen langsung bayar saja

saya mah cape mas ngejar GA. biar di blog ada GA nya. hahaha
harus ganti tema gitu ya jadi otomotif

Blog saya gak termasuk dalam kategori tersebut

Betul kang jika iklan GA sudah ada, langkah selanjutnya bagaimana cara meningkat kan jumlah klik yg kompoten

Walaupun demikian, niche seperti disebutkan itu memiliki persiangan keword yang sangat ketat ya mas?

tapi gado-gado enak loh buat cemilan kang :D

KPK itu kaya preman kota ya mas :) kaburrrrrr

Betul Pakde untuk menentukan satu niche blog kita harus siap menghadapi pesaing2 dengan niche blog yang duluan populer, nah disinilah kemampuan nyali dan skil kita di uji, mau tidak mau kita harus melawan pesaing2 kita dgn kyword ataupun strategi yang tidak dimiliki oleh pesaing kita, karna apa ? sebuah website yg populer memliki rating nomer 1 pun bisa tumbang dan bergeser dgn blog2 baru yg adminnya tidak kalah jenius, sesuai pergantian waktu , ini sudah saya buktikan

kaburnya jgn jauh2 di belakang rumah aja mas.... ;((

OK nih mas kalau boleh ngasih komentar, sebenarnya semua niche itu punya "potensi" untuk lengkep sama mba Adsense. Semua tergantung kita bagiamana mengelolanya supaya bisa menarik banyak pengunjung natural dan Google tertarik ama blog atau situs kita. Nah buktinya, ada aja blogger dengan niche yang beragam bisa diterima mba adsense. Malah yang fokus satu niche kayak saya masih harus berjuang menarik hati si mba adsense buat nerima saya. Curhat nih jadinya :D. Koreksi jika saya salah mas. Terima kasih untuk artikel yang keren dan bermanfaat ini. Semangat ngeblognya mas :D

kalau menurutt saya , untuk adsense yang amat sangat berpengaruh ama tampilan iklannya adalah kesehatan mas :D

trimaksih atas masukkan nya Mas . Mas Reky betul semua niche bisa di terima GA, kalau mas Reky menganalisa artkel di atas secara teliti mungkin mas reky lebih mengerti ,.penjelasan artikel di atas lebih mengarah bagaimana cara meningkatkan klik jika blog sudah ada GA nya , dan niche niche blog yang seperti apa yg lebih mampu mendongkrak angka klik, atau niche niche blog seperti apa yang berpeluang besar dan menciptakan CPC dan CTR tinggi, gitu mas Reky..(h)

bisa juga nih mas. saya juga pengen ada adsense nya di blog biar dapat dolar

nah lho...... saya punya blog jualan gado-gado mas admin hahahaha alias niche campur aduk jadi satu kayak gado-gado ......

waduh.. kl blog saya tiga topik ini... hehe ya gado-gado belum jadi gan

Blog saya gado-gado nih dan niche di blog saya baru memuat beberapa yang cocok untuk adsense.

Kalau gitu blog saya masih ada peluang untuk diterima GA ya.Ok lah kalau begitu saya akan semangat untuk menulis artikel agar bisa diterima adsense.Kalau ada waktu bolehlah mampir ke blog saya dan beri masukkannya tentang blog saya.

Thanks banget untuk beritanya...semoga makin sukses

Lha milik saya kok gado banget ya.. Tips menginspirasi.. Salam hormat

Makasi gan.,sangat membantu, dulu pernah juga bikin blog tentang otomotif tapi gk pernah update. hahaah

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon