Cara Cepat Meningkatkan Visitor Blog Dengan Pengunjung Organik

Cara meningkatkan trafik atau visitor blog secara organik - Berbicara dalam hal SEO seakan tidak ada habisnya, kata seo sangat erat kaitanya dengan status dan posisi blog anda, sebagai blogger kita hendaknya mengenal berbagai macam istilah yang selalu dihubungkan dengan seo blog, entah itu pageRank, Alexa Rank, Backlink, SERP, Niche blog, Termasuk Visitor.

Visitor adalah salah satu poin yang harus lebih di perhatian , setiap admin yang bertujuan memonetize blognya ataupun tujuan lain, pasti salah satu keinginan terbesarnya adalah mendapatkan visitor yang berlimpah ,ini adalah poin penting dalam SEO, yakni Organic Traffic atau dalam bahasa Indonesianya Trafik Organik( pengunjung organik ).

Bagi anda blogger senior, pastinya akrab banget dengan istilah ( pengunjung organik )ini kan? oky untuk pembahasan kali ini saya akan mengurai sedikit tentang apa itu trafik organik, bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana meningkatkannya demi kepopuleran situs yang kita kelola.

Pelajari juga : ► Cara Maknyus Membuat Blog SEO Friendly 100%

Apa itu Visitor organik ?

Visitor organik adalah pengunjung atau visitor yang datang dari mesin pencari, mereka datang mengunjungi blog kita karena menemukan blog kita dari hasil pencarian google yang mereka lakukan, sebenarnya visitor bisa datang dari mana saja, kadang visitor datang dari refensi backlink yang kita tanam di beberapa di blog atau situs lain, kadang visitor datang dari link yang kita sebar dibeberapa social bookmarking, dan masih banyak lagi cara bagaimana pengunjung mengunjungi blog kita, namun yang harus kita perhatikan adalah cara bagaimana agar pengunjung bisa datang berasal dari hasil pencarian google, ingat sebagian besar pengguna internet mengunjungi blog yang kita buat pintu masuknya adalah mesin pencari.

Semakin banyak visitor yang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin pencari, maka CTR (Click Trough Rate) blog akan semakin baik dimata google, kita bisa melihat informasi persentase CTR pada google webmaster tool bisa kita lihat melalui menu Search Trafic >Search Query, semakin tinggi persentase nilai CTR berarti semakin baik untuk kata kunci yang bersangkutan,
Banyak faktor yang harus kita upayakan bagaimana cara agar si pengunjung datang dari hasil pencarian google atau pengunjung organik. bisa jadi aritkel yang anda buat memenangkan persaingan dan selalu muncul pada urutan 3 besar hasil pencarian google, meskipun di urutan 1 sekalipun belum tentu pengunjung mengunjungi blog anda tersebut, setidaknya kita harus memperhatikan beberapa aspek lainnya agar artikel yang kita buat bisa lebih menarik dan lebih memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Proses Terjadinya Visitor Organik

Proses awal terjadinya trafik organik adalah saat kamu mendaftarkan situs kamu baik ke google, bing, ask ataupun ke situs direktori seperti dmoz.org. Setelah situs kamu terdaftar, robot-robot mesin pencari mulai mengindeks blog kamu mulai dari homepage, internal link, tag meta dll. Kemudian robot mesin pencari tersebut akan menyimpan data hasil penindeksannya ke dalam databasenya, Yang mana database tersebut akan digunakan sebagai informasi yang akan ditampilkan ke pencari informasi.

Saya sedikit beri gambaran, saat kamu mengetik kata "Gunung berapi", maka google akan menampilkan berbagai informasi yang relevan tentang Gunung berapi. Google mendapatkan informasi tersebut dari hasil pengindeksan robot mesin pencari. Semakin banyak trafik organik suatu pengunjung kepada suatu blog, maka semakin besar kesempatan blog tersebut merangkak naik ke hasil pencarian paling atas di mesin pencari. mengertikan ?

Berikut 4 cara untuk meningkatkan lalu lintas Google organik Anda

Baca juga : ► Blog Anda Ingin Di Sayang Google ? Lakukan 4 Setrategi Ini




1- Bagikan artikel anda di google plus secara acak.

faktor penunjang yang paling dominan untuk meningkatkan lalu lintas Google organik, selain membagikan artikel setiap kali anda usai memposting, adalah dengan membagikan artikel anda di google plus secara acak, hal ini bertujuan agar artikel anda yang tertinggal atau angka pengunjungnya yang masih rendah bisa mengejar dan cepat meningkat, anda bisa mengontrol artikel anda yang mengalami ketertinggalan tayang atau angka pengunjungnya masih rendah dengan masuk ke blogger anda pilih semua entri ,dan segera update atau bagikan artikel tersebut ke google plus, lihat gambar
Cara Meningkatkan Visitor Blog Dengan Pengunjung Organik
Dengan begitu artikel yang terakhir anda bagikan akan mudah di temukan oleh komunitas google plus saat terakhir anda melakukan blogwalking dari jejak ID profile anda,

2- Ramahlah Terhadap Pengunjung.

Bersikap ramah kepada pengunjung bisa ditunjukan dengan menjawab pertanyaan mereka, membalas komentar dan testimoni mereka, serta mengunjungi kembali blog mereka jika mereka punya. Jika anda ramah terhadap para pengunjung anda, tentunya mereka akan berkali-kali mengunjungi blog anda setiap kali anda menerbitkan artikel baru dan mereka pun akan menjadi pembaca setia blog anda.

3- Membuat Judul Yang menarik dan memiliki daya promosi

Sepertinya peluang terbaik agar artikel kita yang ditemukan pada pencarian google mendapatkan perhatian pengunjung adalah dengan cara membuat judul artikel yang memiliki daya tarik, untuk judul artikel dengan niche yang sama, kadang judul artikel sama dan juga bisa saja judul berbeda, namun judul yang baik adalah judul yang dapat menarik perhatian pengunjung, tetapi tentu saja kita tetap harus memperhatikan faktor SEO didalamnya, beberapa peneliti untuk masalah ini menyatakan bahwa judul artikel dengan kata-kata promosi akan dapat meningkatkan perhatian pengunjung terhadap blog tersebut, seperti kata "Terbaik", "Lengkap", "Terbaru", "Mudah", "Cepat" atau dengan tambahan informasi kuantitas, judul seperti itu cendrung akan mendapatkan perhatian pengunjung, seperti judul-judul dibawah ini:

"Cara Cepat Meningkatkan Visitor Blog Dengan Pengunjung Organik" atau
"3 Langkah Mudah Cara menghasilkan uang dari internet"
"Dan lain-lain"
Judul-judul seperti contoh diatas, memberikan peluang lebih besar untuk dikunjungai daripada judul yang tidak memperhatikan faktor promosi.

4- Membuat descripsi semenarik mungkin,

Deskripsi yang baik adalah deskripsi yang dapat mewakili isi artikel secara keseluruhan dan harus mengandung kata kunci, kita harus memperhatikan pembuatan descripsi, karena peluang kedua setelah pengunjung membaca  judul , biasanya pengunjung akan membaca descripsi yang ditampilkan dibawah judul pada hasil pencarian google, lihat gambar


jika deskripsi yang nampak sesuai dengan yang mereka minati, maka peluang untuk dikunjungi akan semakin besar, namun tentu saja deskripsi artikel yang harus kita buat tetap harus memperhatikan optimasi SEO didalamnya, silahkan anda buat descripsi sebisa mungkin dapat membuat pengunjung penasaran dan membulatkan tekadnya untuk mengunjungi artikel yang anda buat.

Demikian penjelasan kami mengenai "Cara Meningkatkan Visitor Blog Dengan Pengunjung Organik" Semoga bisa menjadi referensi serta bermanfaat bagi anda.

79 komentar

makanya untuk mendapatkan visitor organik yang dateng dari pencarian di brows google, kita harus rajin memupuk blog kita dengan pupuk....pupuk apakah itu?

Wah tipsnya menarik sekali nie mas, selama ini saya masih mengandalkan visitor dari aktifitas blogwalking saja sedangkan dari visitor organik sepertinya masih teramat sangat minim banget mas, makanya tak heran kalo saya lagi gak aktif blogwalking maka blog saya pun jadi sepi pengunjung.

Saya juga tertarik dengan cara yang pertama mas, soalnya saya cuma share artikel yang baru-baru saja, itupun share secara otomatis... sementara artikel saya yang jadul yang notabenenya masih rendah angka pengunjungnya udah lama gak pernah diapa-apain, udah gitu dulu mah blom aktif blogwalking lagi, saya mau coba praktekin ah :)

yang pasti bukan pupuk urea kan :d

saya juga pengennya sih blog saya setiap postingannya dapat di cari di google atau di yahoo Kang, cuma kadang2 klo lgi kebeneran postingan langsung saja keindex ada di halaman google, kadang malah gak tau kemana itu postingan ngilangnya hehehe... saya pelajar dulu ya kang.. terima kasih atas pencerahannya.. :)

emangnya siapa yang sedang nyari pupuk Kang :D ? ...

Apalagi pupuk kompos kang :d

Memang untuk mendapatkan atau meningkatkan visitor dari google itu rada-rada susah mas. Mungkin dengan menerapkan tips-tips diatas saya bisa lebih optimal lagi untuk meningkatkan visitor dari mbah google :)

informasi yang sangat berguna sekali nih mas, khususnya mereka yang ingin memulai jadi blogger harus tahu bagaimana mendatangkan visitor organik dan trafik yang banyk, saya coba deh triknya mas

maaf mas baru bisa mampir, karena kepadatan acara jadi baru sempat BW, salam sukses selalu ya

boleh juga pupuk kandang Mas

kalau saya pilih pupuk apa ya ...kok dah ada semua...

Mudah kok Mas asal sampean jangan jauh 2 sama mas admin nanti kalau ada yang mau di tanyain tinggal telepon aja ha....ha..... [-(

Maklum wong penting rono kanggo rene kanggo....hi...hi..

kalo saya biasa buat ningkatin penayangan suka ngelakuin hal nomer 1, jadi postingan yang sedikit penayangan di Up lagi biar aga naik dikit

wah akhirnya dapat ilmu baru ne mas, ini yang saya cari cariin loh mas :)

bisa dipraktekan ne seperti mbak santika :)

yang bbenar mas marnes, kagak boong lu kan

Trus kalau dah ketemu mau ngapain hayooo

hahahahaha, ini ga bisa saya habis ketawa =)) =)) =))

Kaya pupuk aja yah mas visitor juga ada yang organik :D
terimakasih mas jadi nambah ilmu lagi

akan saya jdikan kenangan, trus besok besoknya saya praktekan,
*kalo ingat tapi * wkwkwkwk

kalau saya pupuk sp aja ah, kandungan haranya sedikit alami tuk jaring visitor :-)

sayamah visitornya sepi mas, ternyata tak menjalankan trik diatas ya..

wah soal komentar belakangan mas yg penting hadir...

Saya punya hipotesis nih mas, untuk meta deskripsi sama judul itu nyambung, jadi gini, kalau kita secar "nggak sengaja" nyimpang keyword di judul sama meta deskpirsi, biasanya 85% kemungkinan blog atau website kita punya posisi di mesin pencari.

Hehe ini cuman hipotesis mas, saya sendiri lagi nyobain kebenerannya.
Terima kasih untuk tulisan nya mas, sangat bermanfaat. Sukses selalu.

membagikan ulang artikel juga berpengaruh ya mas, apalagi artikel yang sedang ingin dinaikkan mungkin harus rajin ngeshare ya mas.hehe
saya coba deh triknya mudah-mudahan saja visitor nambah ya.hehe

Kudu di tengetken supaya makin banyak pengunjung blog saya.
Saya baru baru ini mengenal pengunjung organik dan ada di bhasas juga nih.

Cuma tiga situs yang menjadi kepercayaanku, google ,bing dan yahoo. Dan aku selalu mensharing ke google plus atau kemedia social lainnya. Dan alhamdulillah hasil tayang artikelku umumnya sudah mencapai puluhan ribuan lebih. Agak malu sebenarnya, artikel yang tidak berkualitas tapi diburu pengunjung :)

itu saya mas eka

kenangan sama mantan mas :) wkwkwkw

dia emang gitu mas :) telat hadir ga bawa buku lagi : alpa saja dia mah

langsung lanjut aja ke tkp mas aduls, sebelum diambil orang

yang mana Pak ? ... hehehee... koq gak kelihatan :D

ms kalo dari g + termasuk organik bukan mas apa dar serch enggin aja

waw hebat sekali. bagi dong ilmunya mas

Menurut pedoman web Toolmaster, visitor organik hanya bersumber dari shearch engine google

wah bagus nih tipsnya :)
tambahan lagi... yg terpenting isinya positif dan bermanfaat bagi orang lain, apalagi klo artikelnya menarik dan memiliki daya humor yang tinggi :D

google plus adalah tempat dimana kita mengshare artikel blog, dgn begitu artikel yg kita bagikan akan mudah di temukan oleh komunitas g + , semakin meningkatnya jumlah tayang artkel blog , artike akan berpeluang besar akan mudah di temukan shearch pencarian, nah itulah yg di maksud visitor organik ,

random share artikel di blog memang bisa nambah visitor, tinggal bagaimana optimasi artikel kita, makasih tips nya mas.

Poin yang pertama sekarang udah mulai saya praktekin mas, dimana artikel yang dulu-dulu yang pageviewsnya masih rendah saya share kembali ke google plus dan hasilnya lumayan lah, ada aja pengunjung yang yangkut dan memberikan komentar pada artikel tersebut.

saya harus belajar lagi seo kayanya mas, soalnya masih sedikit yang terindex.hehe

Cara menggaet janda muda,,,,,,kata-kata yang bikin penasaran banget

Kalau saya langkah pertama meningkatkan peringkat blog dulu yaitu dengan banyak posting baru ngejar kata kunci

Susah mas datangin visitor organik, kalo saya visitor saya sering kali datang dari referal link yang saya tinggalkan. xixixx

banyak banget cara agar bisa meningkatkan visitor yamas sampai 10 gitu.
akan coba saya terapkan agar blogku bisa rame visitornya
makasih telah berbagi

kabut asap mas eka makanya ndak keliatan :) wkwkwkw

kabut asapnya dah hilang mas....

wahhh, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung dengan pengunjung organik ya mas,, pastinya bermanfaat sekali, makasih mas, disedot dulu ilmunya...

kalau untuk deskripsi memang saya tidak buat mas, namun saya lebih fokus pada pengaturan tulisan yang menembak keyword, hal ini untuk memudahkan search engine mendeteksinya :D

dah hujan yah tadi mlm jadi udah ilang :D

Wah mantap mas tipsnya :D
langsung dicoba. Haha

Alhamd...akhirnya bisa BW lagi,,,setelah beberapa hari ini kurang enak badan....

Tips yang ringan....tapi hasilnya memuaskan...mantaps mas,,,

wah artikelnya koq masih tentang cara ningkatin visitor blog yamas?
padahal ini kan artikel sebulan yg lalu :D

Belum ada ide mas, kasih tau enak nya ide apa yg pas untuk di tulis artikel, sampean nak komentar mesti aku kudu ngguyu....

Mantab nih caranya,saya memang sedang belajar mendatangkan pengunjung dari mesin pencari.Saya tertarik mencoba cara pertama tuh.

Kita senasip ya kang marnes, kalo ga blogwallking blog kita sepi dari pengunjung, kasian ya saya ;-(

Koment saya sebelumnya ko ga nongol ya??

setuju kang... vositor organik memang perlu dan itu sangat membantu sekali untuk memeprcepat popularitas blog dan konten di dalamnya. disamping itu visitor organik juga sangat membantu dalam meningkatkan update posisi dalam hasil pencarian, dan dengan pengunjung oraganik maka blog atau konten bisa bertahan lama

kalau gak enak body yang minum obat dan kalau sembuh bawa olah raga mas biar tambah yahud, jadi aktivitas meningkatkan pengunjung oraganiknya bisa tenang dan memuaskan. iya gak mas admin?

sebenarnya cara meningkatkan visitor itu hanya dengan seo agar bisa menempati posisi strategis dalam hasil pencarian, dan sering bw untuk mendapatkan visitor selain organik. lumayan juga kan untuk menambah banyak kawan dan wawasan

kalau ninggalin link di kolom komentar kalau bisa jangan gan. usahakan aja berkomentar sesuai topik atau bahasan dalam percakapan antar komentar, karena dari situ anda akan dapat simpati dan mendapat kunjungan balik. yakinlah kalau itu akan bermanfaat sekali.
kalau anda meninggalkan link walau link mati sekalipun, maka itu juga akan di indeks oleh spider dan di indikasikan sebagai refer link yang ditinggalkan. beda dengan anda meninggalkan komentar yang nyambung, maka itu akan diindeks sebagai text reference dalam sebuah aktivitas blogging...
tinggal pilih sih, mau aman atau gak, mau bagus atau enggak...tergantung kepada masing-masing ya mas admin?

oh ya mas. kok iklan gak nongol ya...
jadi susah mau klik iklannya. kadang saya kunjungan klik iklan juga kalau artikelnya mengena di hati, anggap aja sebagai tanda terima kasih atas ilmunya....
masih nunggu review ke dua apa mas?

Terima kasih infonya, kalo saya memilih blogwalking sambil baca-baca blog + dapat teman baru dari internet.

Please comment with the identity of the Gmail account, so we can visit back to your website.
EmoticonEmoticon